Mohon tunggu...
Eka Via Rahmadani
Eka Via Rahmadani Mohon Tunggu... 6A Jurnalistik

OH

Selanjutnya

Tutup

Kuliner Pilihan

Beragam Olahan dari Kampung Cincau Cimone

7 April 2020   21:18 Diperbarui: 7 April 2020   21:23 32 2 0 Mohon Tunggu...

Kampung tematik  yang sudah didirikan dan digerakkan oleh Pemerintah Kota Tangerang nampaknya sudah mulai membuahkan hasil yang baik. Hal ini bisa terlihat dengan bertambahnya kampung tematik di Kota Tangerang. Salah satunya yaitu Kampung Cincau yang berlokasi di RT 02/RW 02, Kelurahan Cimone, Kecamatan Karawaci.

Tidak mau tertinggal untuk bisa menjadikan kampung yang tadinya berantakan menjadi kampung tematik, maka warga berinisiatif untuk mendirikan kampung yang bersih dan nyaman. Karena warganya sendiri sudah membentuk Hatinya (halaman, astri, indah, dan ramah) PKK pada November 2018 dan sudah mulai memperlihatkan perubahan.

Kader Kampung Cincau Yanah , mengatakan, awalnnya hanya RT 01 yaitu Inovasi, dan kenapa RT 02 juga tidak ikut dalam merubah suasana di kampung ini.  

Warga mulai membuat forum untuk dapat menyampaikan kepada bapak camat dan bapak lurah untuk bisa menggerakan kampung ini ke arah yang lebih baik lagi, dan berinisiatif untuk menjadikan kampung ini lebih dikenal tidak hanya di Kota Tangerang tetapi di luar Kota Tangerang.

Jumlah kepala keluarga yang tinggal di kampung ini sendiri berjumlah 231, itupun bukan kebanyakan mayoritas pribumi yang tinggal, tetapi pendatang yang kebanyakan bekerja di daerah Kota Tangerang dan menetap sementara bahkan untuk seterusnya.

Untuk penamaan kampung sendiri berawal dari salah satu warga yang menjual cincau madu dan populer didaerah ini. Warga menyarankan Kampung Cincau saja,  seperti kampung tematik lainnya yang memberikan nama kampungnya yang berasal dari beberapa nama buah-buahan dan sayuran. Kampung Cincau pun mulai diresmikan pada tahun 2019 oleh Pemerintah Kota Tangerang.

Tidak hanya dikenal sebagai kampung Cincau yang bersih dan nyaman, tetapi kampung ini sudah sering kali memproduksi berbagai macam olahan dari daun cincau untuk dijadikan sebagai oleh-oleh saat datang ke kampung ini atau bahkan saat mengikuti event. Olahan yang dibuat, seperti puding susu cincau, peyek cincau, dan nasi liwet cincau. 

Dan yang paling populer dari semua olahan yaitu nasi liwet cincau yang sering banyak dicari. Untuk pengolahan cincaunya sendiri dilakukan di Posyandu, mulai dari mengambil daun cincaunya sampai pengolahan bahan bakunya semua dilakukan di Posyandu.

Harga yang ditawarkan pun beragam untuk bisa menikmati dan membawa pulang oleh-olehnya, kalian cukup membeli sebesar Rp 20.000 untuk nasi liwet cincau, Rp 5.000 untuk 1 cup puding cincau, Rp 15.000 untuk peyek cincau. Dan yang penasaran ingin merasakan olahan dari Kampung Cincau, kalian bisa datang saat ada event di Kota Tangerang atau memesanya langsung.

Bagi kalian yang ingin berkunjung tidak akan di pungut biaya sepeserpun, dan tentunya kalian bisa menikmati suasana di taman cinta dan taman pembibitan yang disediakan oleh kampung Cincau. Tidak ketinggalan, pasti membawa oleh-oleh yang bisa kalian bawa pulang untuk orang di rumah.

VIDEO PILIHAN