Mohon tunggu...
Eka Prayongga
Eka Prayongga Mohon Tunggu... Lainnya - Student of Universitas Internasional Batam

Student of Universitas Internasional Batam

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Social Media Menjadi Pasar Penjualan

13 November 2020   15:13 Diperbarui: 13 November 2020   15:19 67
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pada era digital seperti ini, perkembangan pasar penjualan semakin besar dan bisa dilakukan dimana saja,sehingga para penjual semakin cepat dalam memperkenalkan produk -- produk mereka melalui social media. Pada era milenial seperti sekarang ini social media sangat menentukan akan pasar penjualan karena masyarakat sudah semakin modern pola pikirnya dan dengan menggunakan social media masyarakat bisa membeli apa yang mereka inginkan hanya dengan perlu mencarinya melaui social media. 

Dengan adanya social media masyarakat tidak perlu lagi untuk keluar rumah untuk membeli barang yang mereka inginkan, karena social media telah menyediakan kebutuhan sehari -- sehari yang diperlukan oleh masyarakat.

Pasar penjualan melalui social media pada Indonesia juga sangat berkembang dengan baik. Bisa kita lihat bahwah terdapatnya platform -- platform seperti Instagram, Facebook, Shoppe, TokoPedia, Lazada, Blibli, dan yang lainnya. Melalui media -- media tersebut masyarakat bisa melakukan transaksi dimana saja, kapan saja, dan bisa membeli apa saja yang di inginkan tanpa akan adanya rasa takut dan penipuan. 

Dengan adanya media -- media tersebut masyarakat akan semakin mudah melakukan pembelian dan tidak perlu lagi khawatir akan produk yang ingin mereka inginkan akan habis. Dengan era digital ini semua kegiatan akan semakin mudah dan tidak akan menghambat pekerjaan manusia(Permana, 2019).

Dengan adanya pasar penjualan melalui social media, akan semakin menyebar ke seluruh wilayah Indonesia contohnya saja pada pulau Sumatra. Pada pulau Sumatra saja telah terdapat berbagai pebisnis yang melakukan bisnis dengan melalui social media, dengan adanya social media pada era digital ini akan sangat mempermudah penyebar luas bisnis yang ingin dipasarkan.

Dengan berlanjutnya sampai pada kepulauan riau, semakin besar pula pasar penjualan melaui social media ini. Kepulauan Riau merupakan salah satu tempat yang bisa menjadi sebuah perantara untuk memperkenalkan produk yang bagus dengan harga yang lebih terjangkau maka konsumen akan lebih tertarik.

Pada dasarnya, social media marketing adalah strategi pemasaran yang memanfaatkan jaringan media sosial untuk menyebarkan informasi tentang brand Anda. Social media marketing merupakan promosi berkelanjutan yang melibatkan kegiatan copywriting berkualitas dan bantuan visual (seperti gambar dan video) untuk menjangkau audiens seluas - luasnya. Untuk melengkapi penjelasan di atas, ada beberapa alasan yang membuat social media marketing menjadi suatu keharusan untuk pebisnis(Nadia, 2020):

Media sosial bertindak sebagai platform interaktif antara brand Anda dengan potential customer secara bebas guna membangun kepercayaan dan juga hubungan baik.

Dengan bantuan media sosial, Anda dapat memperluas jangkauan audiens secara cepat.

Media sosial juga lebih terjangkau bila dibandingkan dengan media periklanan pada media mainstream seperti flier, billboard, atau televisi.

Kebanyakan jaringan media sosial secara terintegrasi memberikan real-time report tentang bagaimana keadaan campaign yang Anda jalankan -- hal ini merupakan cara yang baik untuk mengukur efektivitas strategi marketing Anda.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun