Mohon tunggu...
eka indah yuliani
eka indah yuliani Mohon Tunggu... Beasiswa Unggulan Kemendikbud

Trisakti Institute of Tourism D4 Tourism Industry 2019

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Gua Maria sebagai Contoh Nature Tourism

18 Mei 2021   08:00 Diperbarui: 18 Mei 2021   08:08 54 5 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Gua Maria sebagai Contoh Nature Tourism
(ekaindahyuliani2018)

Hallo, nama saya Eka Indah Yuliani biasa dipanggil Eka, saya adalah mahasiswi STP Trisakti yang beruntung mendapatkan beasiswa unggulan kemendikbud tahun 2019. Dikesempatan kali ini saya ingin mengajak teman-teman sekalian untuk mengetahui tentang "Goa Maria Sebagai Contoh Nature Tourism".

NATURE TOURISM

wisata alam adalah bentuk kegiatan rekreasi dan pariwisata yang memanfaatkan potensi sumber daya alam, baik dalam keadaan alami maupun setelah ada usaha budidaya, sehingga memungkinkan wisatawan memperoleh kesegaran jasmanilah dan rohaniah, men-dapatkan pengetahuan dan pengalaman serta menumbuhkan inspirasi dan cinta terhadap alam (Anonymous, 1982 dalam Saraguh, 1993).

           

GOA MARIA BELINYU,BANGKA

Gambar 1.1

Goa ini bernama goa maria bunda pelindung segala bangsa. Goa ini terlertak di belinyu, kabupaten bangka, kepulauan bangka belitung. Goa ini merupakan tempat wisata pilgrim maupun ecowisata. Tentunya menjadi tempat wisata pilgrim karena goa ini merupakan tempat beribadahnya umat beragama katolik. Disebut sebagai tempat wisata ecowisata karena di goa ini para wisatawan bisa mempelajari perjalanan cerita dari awal mulanya yesus dihukum mati sampai yesus dimakamkan.

Goa ini dibangun di atas bukit yang bernama bukit mo thian liang yang berarti bukit menggapai langit. Bukit ini terletak di belakang gereja katolik. Dibangunnya goa maria ini diatas bukit mo thian liang ini karena mimpi pastur WH. Lambgregts SS.CC pasal tempat ditaruhnya patung bunda maria ini yang jika digali akan ditemukan 3 batu, yaitu 2 batu seperti altar dan satu batu membentuk tangan yang terkatup.

Jika kita mengunjungi goa maria ini kita akan memasuki gereja katolik di arah sebelah kiri dulu baru kita masuk ke dalam kawasan goa maria. Pada saat masuk kita akan melihat jembatan yang seperti pondok yang didindingnya terdapat gambar gambar penjelasan goa maria dan wisatawan yang datang ke goa maria ini.

(ekaindahyuliani2018)
(ekaindahyuliani2018)
Gambar 1.2 Tugu Peresmian

Pada saat kita masuk kita akan menemukan tugu peresmian ini yang bertuliskan "Syukur atas terkabulnya doa di gua maria pelindung segala bangsa belinyu untuk keberhasilan Jones dan James Castrission (australia) orang petama yang mampu jalan kaki / ski melintasi es dari pinggir benua antartika mencapai kutub selatan bolak-balik tanpa bantuan apapun selama 89 hari dari tgl. 8-11-2011 s/d tgl. 26-01-2012 sejauh 2.275 KM dengan suhu sampai 35 derajat celcius dibawah nol."

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
  9. 9
VIDEO PILIHAN