Mohon tunggu...
Eka Bagus Rahmad Lil’alamin
Eka Bagus Rahmad Lil’alamin Mohon Tunggu... Mahasiswa - Universitas Nahdhatul Ulama’ Surabaya

Universitas Nahdhatul Ulama’ Suarabaya NIM :5130020110 Prodi : Manajemen

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Pengalaman di Pesantren

9 Mei 2021   21:28 Diperbarui: 9 Mei 2021   21:31 130
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Aku adalah alumni dari salah satu pesantren di Jombang lulusan tahun 2020, dulu teringat waktu masih SD aku ingin sekali masuk pesantren karena tiap kali kakakku yang dari pesantren pulang kerumah selalu bercerita tentang betapa serunya kehidupan di pesantren sehingga keinginanku bulat tamat SD aku ingin masuk pesantren dan alhamdulillah aku lolos seleksi masuk pesantren yang ku inginkan.

Hari ini adalah hari pertamaku masuk pesantren dengan mengikuti kegiatan MOSBA (Masa Orientasi Santri Baru), kami semua santri baru dikumpulkan menjadi satu untuk mengikuti kegiatan ini, di situ aku kenal banyak sekali teman baru dengan asal daerah yang berbeda dari seluruh Indonesia, kami dengan cepat bisa akrab dan tertawa bersama. Keesokan harinya adalah hari pertama kali memasuki sekolah SMP yang akan menjadi tempat belajarku dan lagi lagi aku kenal banyak dengan teman baru mereka semua lucu lucu

Ada momen lucu yang sampai hari ini aku ingat ketika orang tuaku yang mengantarkanku ke pesantren berpamitan mau pulang, aku sangat sedih sekali sampai sampai aku mengikuti mobil kedua orang tuaku sampai gerbang karena gak rela mereka tinggal, aku sampai menyesal dulu kenapa ingin di pesantren kalau akhirnya bakal di tinggal kedua orang tuaku padahal dulu aku sendiri yang memaksa mereka untuk memasukkanku di pesantren haha.

Di pesantren jadwal keseharianku padat sekali setelah subuh aku mengaji al qur'an sesuai kelompok yang di bagi, di pagi hari aku berangkat sekolah fullday sampe sore, habis maghrib ngaji takhassus (mengaji kitab nahwu shorof dll), habis isya' ada ngaji yang di pimpin langsung oleh pak Kyai, kemudian muthola'ah (mengulang pelajaran/kitab yang sudah di ajarkan), setelah muthola'ah ada waktu free beberapa jam biasanya aku ke kantin untuk membeli makanan atau sekedar nongkrong sama teman. Pukul 22.00 aku kembali ke kamar karena memang waktunya jam tidur

Di pesantren banyak sekali momen momen seru bersama teman yang teringat sampai sekarang, karena kita santri memang terbiasa selalu bersama sama mulai dari berangkat sekolah, makan, ngaji, ke kantin dll. Aku mengenyam pendidikan di pesantren selama 6 tahun setelah lulus SMP aku melanjutkan ke tingkat Madrasah Aliyah hingga lulus

Sekian cepen dari saya kurang lebihnya mohon maaf. Saya menulis ini karena adanya tugas Bahasa Indonesia dari dosen saya Bapak Rudi Umar Susanto, S.Pd., M.Pd. dan  enurut saya ini sangat bermanfaat bagi saya yang belum pernah mempunyai pengalaman menulis agar lebih bisa dan lebih giat lagi dalam menulis. Saya ucapkan terimakasih dan mohon maaf apabila ada salah kata yang kurang berkenan dihati pembaca, Terima kasih.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun