Mohon tunggu...
Eka MP
Eka MP Mohon Tunggu... Administrasi - Penulis - Blogger

Pecandu Teh dan Penikmat Buku

Selanjutnya

Tutup

Segar Pilihan

Rendang Talua Khas Payakumbuh Kriuknya Sampai ke Hati

26 April 2021   23:18 Diperbarui: 2 Mei 2021   07:56 1745
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Suatu saat saya membaca status Facebook teman lama yang menceritakan makanan kesukaannya sejak kecil. Rendang Talua Crispy. Makanan khas Payakumbuh yang sulit didapat, jika dia ingin menikmatinya dia harus menunggu kiriman dari Padang. 

Rasa ingin tahu saya membuncah ketika dia menjelaskan Rendang Talua adalah Rendang Telur makanan khas Payakumbuh. Oke, sampai situ saya paham. 

Sepemahaman saya yang lebih akrab dengan menu makanan khas Jawa rendang telur adalah telur direbus kemudian dibumbu rendang. Mirip rendang daging sapi tapi ini isinya diganti telur. 

Tapi kemudian bayangan saya ambyar karena ada kata crispy di belakangnya. Macam mana pula telur crispy itu? 

Suatu Sore di Bulan Ramadhan

Sore itu datang paket dari teman kuliah saya, Nuly yang tinggal di Bandung. Iya, teman yang statusnya membuat saya bertanya-tanya makanan macam apa Rendang Telur krispi itu?

Paketnya berisi tiga bungkus Rendang Talua Crispy. Meskipun sangat ingin mencicipinya tapi harus ditunda. Waktu berbuka masih lama. Hari itu saya seperti anak kecil yang tak sabar menantikan adzan Maghrib. 

Doc. Pribadi
Doc. Pribadi

Mengulik Peramban Mencari Rendang Talua

Sambil menunggu waktunya berbuka puasa saya mulai Googling tentang Rendang Talua.  Dari berbagai sumber akhirnya saya mendapat pencerahan bahwa "kripik" di hadapan saya memanglah terbuat dari telur.

Bukan telur rebus bulat diris tipis-tipis ya. Tapi  telur dadar yang dicampur tepung untuk mendapatkan Kriuknya. Mendadar telur hingga tipis tentu butuh ketrampilan. Perlu latihan untuk mendapatkan ukuran yang tepat. Tidak terlalu tebal maupun terlalu tipis. 

Proses selanjutnya hasil dadar telur itu dimasukkan ke dalam bumbu rendang. Dimasak hingga bumbu meresap dan garing. Tentu saja akan tersisa sari-sari bumbu rendang yang menempel di dadar telurnya. 

Kriuk-kriuk Nikmat

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Segar Selengkapnya
Lihat Segar Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun