Mohon tunggu...
Iswasta Eka
Iswasta Eka Mohon Tunggu... Dosen - Dosen PGSD Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Certified Instructor Hypnotherapy,baru mencoba menulis 7 buah buku, 5 HAKI. Menulis di mass media sejak 1980 tersebar di Surat kabar dan majalah nasional maupun lokal, Tulisan kolom maupun cerpen dalam bahasa Indonesia dan Jawa.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Menebar Kebermanfaatan bagi Masyarakat Melalui Semnas

3 Desember 2022   10:39 Diperbarui: 3 Desember 2022   11:33 133
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sebagian peserta Seminar Nasional dalam satu layar (Dokpri)

LPPM UMP setiap tahun mengadakan Seminar Nasional secara kontinyu yang pada tahun 2022 ini masuk pada putaran ke 7. Seminar Nasional yang ketujuh ini mengambil tema PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MENUJU MASYARAKAT MANDIRI BERBASIS INOVASI IPTEK. Semnas tahun ini diadakan pada tanggal 3 Desember 2022 yang dilakukan secara full daring atau webinar.

Drs.Karma Iswasta Eka,M.Si selaku ketua panitia melaporkan bahwa kegiatan seminar ini diikuti oleh 129 orang dengan 51 pemakalah dan 78 peserta dari dosen dan mahasiswa. Peserta pemakalah berasal dari Universitas Darussalam Gontor, Universitas Darmawangsa Medan, Universitas Diponegoro Semarang, BRIN Jakarta, Universitas Pendidikan Ganesha Bali dan Universitas Muhammadiyah Purwokerto.  

Tujuan Semnas ini adalah untuk mensosialisasikan sekaligus publikasi hasil-hasil penelitian dan pengabdian para dosen agar bisa bermanfaat bagi masyarakat luas. Nara sumber pada Semnas kali ini adalah Prof.Dr.Rully Charitas Indra Prahmana,M.Pd dari UAD, Prof.Dr.Okid Parama Astirin,MS dari UNS dan Iwan Fachrudin,SE,M.Si,PhD

Ketua LPPM UMP dalam sambutannya  menyampaikan bahwa LPPM mengadakan seminar nasional secara rutin setiap tahun sebagai gerbang publikasi hasil penelitian dan pengabdian. Semnas pada tahun seminar ini adalah  yang ke 7 dan dihadiri oleh pemakalah dari beberapa berguruan tinggi di Indonesia seperti yang sudah dilaporkan ketua panitia. Hal ini menunjukkan bahwa seminar yang diadakan oleh LPPM UMP mendapatkan respon positif dari luar UMP. Jumlah peserta dari UMP tahun ini menurun disbanding tahun  lalu. Hal ini menunjukan bahwa dosen UMP sudah banyak yang melakukan publikasi di luar pada periode penelitian dan pengabdian tahun 2022.

Sambutan Rektor UMP  Assoc Prof.Dr.Ners.Jebul Suroso,S.Kep,M.Kep mengapresiasi dengan hadirnya pemakalah dari luar UMP yang cukup banyak dari berbagai wilayah selain pemakalah dari internal. Hadirnya nara sumber dari luar diharapkan akan memacu UMP untuk menjadi perguruan tinggi berkemajuan yang akan membawa UMP terakreditasi unggul. 

Rektor menyampaikan bahwa penelitian dosen UMP diharapkan bukan hanya menghasilkan laporan saja, tetapi juga menjadi sebuah produk dan luaran yang mempunyai nilai jual bagi masyarakat. Kegiatan dan motivasi ini harus terus dipompa menjadi lebih maju lagi dan bahkan diharapkan bisa naik ke level internasional. 

Oleh karena itu hasil penelitian perlu ditindak lanjuti agar mempunyai link dengan dunia industri bukan hanya nasional tetapi juga internasional. Rektor mengharapkan dengan penambahan dana penelitian internal akan memacu kreativitas dan produktivitas dosen di bidang penelitian dan pengabdian. Semnas ini menjadi salah satu cara menebar kebermanfaatan hasil penelitian dan pengabdian bagi dosen-dosen UMP juga. (Eka-PGSD UMP)

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun