Mohon tunggu...
Eggy Gilang
Eggy Gilang Mohon Tunggu... Wiraswasta - Admin Media Sosial dan Copywriting

Saya menyukai hobi berolahraga seperti futsal, batminton dan sepakbola

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Keutamaan Sedekah di Hari Jumat, Jangan Takut Uangmu Habis

28 Oktober 2022   09:00 Diperbarui: 28 Oktober 2022   08:59 216
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
dokumentasi pribadi-berbagi makan yang diadakan oleh Kilau Indonesia

Hari Jum’at bagi seluruh umat muslim yang ada di seluruh dunia merupakan hari yang sangat istimewa, sebagaimana hal ini telah disampaikan oleh Rasulullah SAW di dalam hadistnya yang berbunyi :

“Sebaik-baik hari di mana matahari terbit di saat itu adalah Hari Jumat. Pada hari ini Adam diciptakan, hari ketika ia dimasukkan ke dalam surga dan hari ketika ia dikeluarkan dari surga. Dan hari kiamat tidak akan terjadi kecuali pada hari Jumat.” (HR Muslim).

Dikarenakan hari yang baik, maka salah satu anjuran yang harus dilakukan oleh umat muslim pada hari Jumat adalah bersedekah. Sedekah sebenarnya bisa dilakukan kapan saja dan inti dari bersedekah adalah ikhlas serta mengharapkan ridha dari-Nya.

Namun yang perlu sahabat garis bawahi, kalau bersedekah pada hari Jumat sangat dianjurkan sekali karena disitu banyak sekali keutamaan serta faedah yang bisa kita dapatkan. Seperti dilansir dari buku ‘Cantik dengan Sedekah karya Indrita R. Dani & Muthia Esfand’.

Keutamaan sedekah di hari Jumat yakni setiap hari Jumat para malaikat melaporkan segala amat perbuatan yang telah dikerjakan. Dengan bersedekah pada hari Jumat dapat menghapus maupun meringankan dosa yang telah diperbuat. Sedekah sebenarnya bisa ditujukan kepada siapa saja sepanjang tujuannya baik dan mengharap ridha-Nya. Namun ada beberapa golongan yang lebih diutamakan yakni :

  • Yang pertama ada guru
  • Terus yang kedua ada orangtua
  • Selanjutnya, yang ketiga ada yatim dan dhuafa
  • Kemudian, yang keempat ada keluarga
  • Yang kelima ada orang miskin
  • Dan yang terakhir adalah orang dalam perjalanan.

Menurut Ibnul Qoyyim, putra Abu Bakar dalam buku Panduan Amal Hari Jumat karya Mahmudin mengatakan, Sedekah pada hari Jumat dibanding dengan sedekah di hari lain adalah seperti sedekah di bulan Ramadhan. Kemudian, Imam Mahzab dan Imam Syafii juga mengatakan tentang keajaiban bersedekah :

“Perbanyaklah bersedekah sebagai amalan hari Jumat. Sedekah bisa berupa uang, makanan, atau lainnya. Jangan takut uang menjadi habis jika bersedekah. Karena Allah akan melipatgandakan pahala sedekah. Bahkan Allah akan menambah rezeki jika kita bersedekah. Nabi bersabda, ‘Dan di hari Jumat pahala bersedekah dilipatgandakan”. (Imam al-Syafi’i, al-Umm, juz 1, hal. 239).

Sementara, di dalam Al-Qur’an sendiri Allah SWT menyebutkan, bagi siapa saja yang melakukan sedekah di hari Jumat, pahalanya akan dilipat gandakan :

اِنَّ الْمُصَّدِّقِيْنَ وَالْمُصَّدِّقٰتِ وَاَقْرَضُوا اللّٰهَ قَرْضًا حَسَنًا يُّضٰعَفُ لَهُمْ وَلَهُمْ اَجْرٌ كَرِيْمٌ – ١

Artinya : “Sesungguhnya orang-orang yang bersedekah baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah dengan pinjaman yang baik, akan dilipatgandakan (balasannya) bagi mereka; dan mereka akan mendapat pahala yang mulia.” (QS Al Hadid ayat 18).

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun