Mohon tunggu...
ega nur fadillah
ega nur fadillah Mohon Tunggu...
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Identitas Nasional

21 November 2018   09:33 Diperbarui: 21 November 2018   09:44 42009 0 0 Mohon Tunggu...

BAB I 
PENDAHULUAN

A.Latar Belakang

Situasi dan kondisi Masyarakat kita dewasa ini menghadapkan kita pada suatu keprihatinan dan sekaligus juga mengundang kita untuk ikut bertanggung jawab atas mosaic Indonesia yang retak bukan sebuah ukiran melainkan membelah dan meretas jahitan busana tanah air, tercabik-cabik dalam kerusakan yang menghilangkan keindahannya. 

Untaian kata-kata dalam pengantar sebagaimana tersebut merupakan Tamsilan bahwasanya bangsa Indonesia yang dahulu dikenal sebagai "het zachste volk ter aarde" dalam pergaulan antar bangsa, kini tidak saja mengalami krisis Identitas melainkan juga krisis dalam berbagai dimensi kehidupan yang melahirkan instabilitas yang berkepanjangan semenjak reformasi digulirkan pada tahun 1998. Tidak hanya itu Indonesia juga mengalai krisis di berbagai bidang seperti krisis moneter, krisis Kehalusan budi dan sopan santun, krisi multidimensi, oleh karena itu Indonesia perlu memeritahukan Identitasnya sebagai Negara yang ber-Pancasila kepada masyarakatnya untuk menghindari krisis-krisis yang terjadi di Indonesia khususnya krisin Identitas tersebut.

B. Rumusan Masalah

Apa pengertian dari Identitas Nasional?
Apa sajakah Muatan dan Unsur- unsur Identitas Nasional?
Apa sajakah unsur unsur Identitas Nasional menurut UUD 1945?
Apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi Identitas nasional?

C. Tujuan
Mengetahui apa itu Pengertian Identitas nasional secara jelas
Mengetahui unsur-unsur Identitas Nasional dan unsur-unsur Identitas Nasional menurut UUD 1945
Mengetahui apa saja faktor-faktor pembentuk Identitas Nasional
Mengetahui karakteristik dan  Ciri- ciri Negara yang memiliki Identitas Nasional

BAB II
ISI

Pengertian Identitas Nasional
Identitas nasional berasal dari kata identity yang berarti ciri, tanda atau jati diri yang melekat pada sesuatu yang membedakan dengan yang lain dan kata nasional yang berarti kelompok lebih besar yang diikat oleh kesamaan fisik seperti budaya, agama, dan bahasa dan kesamaan non fisik seperti keinginan, cita-cita dan tujuan. 

Pada hakikatnya identitas nasional merupakan manifestasi nilai-nilai budaya yang tumbuh dan berkembang dalam berbagai aspek kehidupan dengan suatu cirikhas yang menjadikannya berbeda dengan bangsa lain.

Pada konteks ke-Indonesiaan, identitas nasional bangsa Indonesia adalah Identitas yang bersumber dari nilai luhur Pancasila yang aktualisasinya tercermin dalam penyelenggaraan kehidupan bermasyarakaat, berbangsa dan bernegara. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
VIDEO PILIHAN