Mohon tunggu...
Efrem Siregar
Efrem Siregar Mohon Tunggu... Pecinta filsafat, pengetahuan budaya dan industri

Segala yang indah harus berfungsi dan bermanfaat

Selanjutnya

Tutup

Balap Artikel Utama

Rekor Juara Dunia Lewis Hamilton dan Makin Membosankannya Balapan Formula 1

16 November 2020   04:02 Diperbarui: 16 November 2020   08:42 988 8 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Rekor Juara Dunia Lewis Hamilton dan Makin Membosankannya Balapan Formula 1
Pebalap Mercedes, Lewis Hamilton, terlihat emosional di kokpit mobilnya menang di Formula 1 di Sirkuit Turki, Minggu (15/11/2020). Kemenangan itu mengunci gelar juara dunia F1 ketujuh baginya. | Sumber: FOX SPORTS via Kompas.com

Lewis Hamilton, pebalap Mercedes AMG-Petronas F1 Team, melompatkan badan ke kerumunan rekan-rekan timnya. 

Rasa harunya tidak terbendung. Ia memenangkan balapan Formula 1 di Sirkuit Istanbul Park, Turki, di bawah rintik hujan, Minggu (15/11/2020).

Kemenangan yang sekaligus memastikan Lewis keluar sebagai juara dunia F1 musim 2020 dengan 307 poin, berselisih 110 angka dari rekan setimnya Valtteri Bottas di peringkat kedua klasemen pebalap. 

Lewis tidak mungkin lagi terkejar di peringkat pertama karena Formula 1 musim ini hanya menyisakan tiga seri lagi: Bahrain, Sakhir, dan Abu Dhabi.

Atas pencapaian itu, Lewis Hamilton akhirnya telah menyamai rekor juara dunia Michael Schumacher dengan 7 gelar sepanjang Formula 1.

Kemenangan ini, kata Lewis, merupakan bagian yang terikat berkat kerja keras rekan dan mitra tim Mercedes. Tidak ketinggalan para penggemarnya turut berbahagia merayakan rekor bersejarah Lewis di Formula 1.

Tetapi, ini bukan sesuatu yang mengagetkan. Lewis Hamilton sepanjang musim ini sangat mendominasi seri balapan. Dari 14 grand prix yang telah terlewati, 10 di antaranya dimenangkan oleh Lewis.

Ia memang sangat berbakat untuk menyetir tunggangannya dengan lebih cepat dari pebalap lainnya, walau strategi tim di ruang pit juga menentukan kemenangannya.

Namun, pesta Lewis Hamilton tidak terlihat istimewa lantaran dominasi Mercedes yang memonopoli kemenangan di banyak seri Formula 1 sejak enam tahun terakhir.

Kolase foto Lewis Hamilton juara dunia 2020 dan komentar netizen di YouTube. (Foto: Twitter/Mercedes AMGF1)
Kolase foto Lewis Hamilton juara dunia 2020 dan komentar netizen di YouTube. (Foto: Twitter/Mercedes AMGF1)

Dari 2014, Lewis mencatatkan namanya sebagai juara dunia enam kali berturut-turut, kecuali pada musim 2016 di mana gelar juara dunia jatuh kepada pebalap setimnya Nico Rosberg.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN