Mohon tunggu...
Efrain Limbong
Efrain Limbong Mohon Tunggu... Jurnalis - Nasionalis

Menulis Untuk Peradaban

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Pentingnya Penguatan Ideologi Pancasila Bagi Generasi Muda

10 Oktober 2022   11:29 Diperbarui: 13 Oktober 2022   15:41 260
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Penyerahan buku tayang Empat Pilar Kebangsaan dari Senator Lukky Semen kepada peserta sosialisasi. Doc Pri

Pancasila sebagai salah satu dari Empat Pilar Kebangsaan, saat ini masih terus mendapat berbagai gangguan. Terutama dari oknum masyarakat atau kelompok  yang menghendaki adanya ideologi lain selain Pancasila.

Karena itu Pancasila sebagai ideologi negara harus dimaknai secara mendalam oleh generasi muda. Bukan hanya itu, Pancasila juga harus ada dalam hati dan pikiran setiap insan generasi muda, sebagai penerus bangsa.

Peran generasi muda sebagai garda terdepan dalam menjaga keberadaan Pancasila sangat penting. Mengingat dari segi bonus demografi keberadaan generasi muda sangat siginifikan jumlahnya.

Namun disatu sisi generasi muda sangat rentan dimasuki oleh paham atau ajaran yang bertentangan dengan ideologi Pancasila. Karena itu jika nilai nilai Pancasila harus mengakar kuat dalam hati dan pikiran generasi muda.

Dimana keberadaan media sosial menjadi salah satu saluran komunikasi dan informasi yang bisa mempengaruhi moral generasi muda dari adanya paham atau ideologi yang bertentangan dengan Pancasila.

Dokumentasi Senator Lukky Semen bersama peserta, dan nara sumber. Doc Pri 
Dokumentasi Senator Lukky Semen bersama peserta, dan nara sumber. Doc Pri 
"Pancasila harus ada dalam hati dan pikiran generasi muda, agar siap dalam memfilter setiap ajaran atau paham yang hendak menggerus ideologi Pancasila," ujar Anggota MPR/DPD RI Senator Lukky Semen SE dalam Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan MPR RI, di Hotel Grand Duta Palu, belum lama ini.

Dengan adanya Pancasila dalam hati dan pikiran generasi muda, maka bukan saja bisa memfilter paham yang bertentangan, namun akan teraktualisasi dalam dinamika kehidupan serta sosial budaya generasi muda di tengah-tengah masyarakat.

Yakni adanya tata pergaulan hidup yang mengedepankan toleransi, persatuan, gotong royong dan cinta tanah air.  Dimana tata pergaulan ini semakin terdegradasi. Akibat kemajuan informasi dan teknologi yang membuat generasi muda tergerus menjadi individualis, materialistis dan hedonistik.

"Sebagai bentuk tanggung jawab MPR RI terhadap generasi muda di daerah, maka upaya membumikan Empat Pilar Kebangsaan meliputi Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika  terus dilakukan demi terbentuknya karakter generasi muda yang punya wawasan kebangsaan mumpuni," ujar Senator Lukky Semen dalam sambutannya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun