Mohon tunggu...
Efendi Irfan
Efendi Irfan Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa komunikasi unisa

Irfan Efendi

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Keberkahan Hujan dalam Islam

20 Oktober 2021   11:33 Diperbarui: 20 Oktober 2021   11:37 44 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Hujan adalah salah satu keberkahan yang diberikan allah kepada bumi dan juga memiliki peran yang penting terhadap makhluk hidup yang ada dibumi termasuk manusia.
Allah menurunkan hujan untuk sebagai rahmat ketika begitu diperlukan oleh semua makhluk hidup. Dengan diturunkanya hujan banyak orang mendapat kegembiraan karena  setelah bertahun-tahun lamanya menunggu supaya dapat merasakan hujan.
Salah satu keberkahan dari hujan adalah untuk keberlangsungan hidup bagi manusia, hewan dan makhluk hidup lainya sebagaimana allah swt berfirman:

"Dan dari air Kami jadikan segala sesuatu yang hidup. Maka mengapakah mereka tiada juga beriman?." (QS. Al Anbiya' (21) : 30
Tafsirat dari Albaghowi tentang ayat ini," kami memghidupkan segala sesuatu yang ada di muka bumi ini dengan air yang turun dari langit untuk sebagai menghidupkan hewan dan tumbuhan. Air hujan inilah memiliki peranan penting bagi segala sesuatu.

Hujan diturunkan untuk sebagai keseimbangan untuk alam yang telah allah ciptakan. Dengan turunya hujan maka telah terpenuhi bagi seluruh makhluknya.
Keberkahan yang lain saat turunnya hujan adalah imam syafi'i pernah mewiwayatkan dalam sebuat kitab dengan sanad yang mursal dari nabi muhammad saw bersabda" carilah doa yang dikabulkanya, yaitu ketika bertemunya dua pasukan, waktu ikamah serta turunya hujan.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan