Mohon tunggu...
Efa Butar butar
Efa Butar butar Mohon Tunggu... Content Writer

Teknologi Pangan | Content Writer | 0896-5747-1513 | efab22@yahoo.com

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Pesawat "Go Around", Kok Bisa?

28 Maret 2018   06:28 Diperbarui: 28 Maret 2018   08:38 1929 3 1 Mohon Tunggu...
Pesawat "Go Around", Kok Bisa?
Pesawat go around | Foto: nasional.kompas.com

Jika pada artikel sebelumnya kita -- sebagai penumpang pesawat -- dihadapkan pada fakta bahwa saat pesawat delay tidak ada yang dapat kita lakukan selain menunggu informasi yang akan disampaikan oleh pihak maskapai karena meski penumpang marah-marah pada petugas check in, semuanya itu adalah hal yang sia-sia. Tidak ada satupun dari petugas tersebut yang merupakan bagian dari maskapai pesawat. Informasi valid yang dapat diterima hanya dari Station Manager atau Duty Manager. (Artikel bisa dilihat di sini).

Berbeda dengan saat delay yang membuat penumpang kesulitan mendapatkan informasi dari sumber terpercaya, kenyataannya, kondisi pesawat go around sebenarnya jauh lebih menenangkan bagi penumpang. Kenapa?

Penumpang bersama dengan orang yang bertanggung jawab selama penerbangan berlangsung, yaitu awak kabin dan awak cockpit. Jika sesuatu terjadi, Penumpang dapat bertanya langsung pada awak kabin. Penumpang juga berkesempatan untuk bertanya langsung pada Pilot, Itu sebabnya, saat Kapten Pilot memperkenalkan diri, dengarkan baik-baik sehingga penumpang mengetahui siapa yang sedang mengemudi dalam penerbangan saat itu. Jika ada yang perlu penumpang tanyakan setelah tiba ditujuan, Anda memiliki modal nama Kapten meski mungkin sulit untuk menemukannya.

Jangan panic dan tetap tenang. Kepanikan Anda akan berpengaruh pada penumpang di sekeliling Anda. Dikhawatirkan masing-masing akan membuat spekulasi sendiri tentang apa yang sedang dihadapi. Dengarkan saja aba-aba dan ikuti perintah yang disampaikan. Satu hal yang perlu diketahui adalah, seluruh awak pesawat juga manusia biasa yang takut pada kecelakaan. Sangat kecil kemungkinan Kapten Pilot membiarkan dirinya bahaya bersama dengan ratusan penumpang.

Penerbangan dipantau oleh FOO (Kenali FOO di artikel ini) dan berkoordinasi pula dengan Menara Pengawas yang memberikan arahan apa yang harus dilakukan oleh awak kabin.

Mengenal Istilah Go Around

Go around dalam dunia penerbangan artinya prosedur yang harus dilakukan pesawat (Pilot) yang bersiap untuk mendarat harus kembali terbang dikarenakan satu alasan tertentu demi terjaminnya keselamatan penerbangan. 

Pilot akan melakukan go around jika landasan pacu belum siap untuk didarati. | Foto: Airmagz.com
Pilot akan melakukan go around jika landasan pacu belum siap untuk didarati. | Foto: Airmagz.com
Penyebab dilakukan go-around dan atau over shooting adalah situasi yang dilihat oleh Pilot atau oleh petugas menara pesawat pada short-final approach bahwa bila landing tetap dilanjutkan akan membahayakan, dalam arti berpotensi terjadinya kecelakaan.

Go-around, dapat dikatakan sebagai biasa dan juga dapat dikatakan sebagai tidak biasa, tergantung mengenai apa yang menyebabkan dilakukannya go-around tersebut.

Biasa dalam arti memang dari sejak awal sudah diantisipasi bahwa go-aroundharus dilakukan. Tidak biasa atau cenderung menjurus kepada situasi berbahaya, apabila go-around dilakukan pada saat last minute karena terjadi sesuatu yang mendadak sifatnya.

Pada kriteria tidak biasa itulah maka go-around dapat mengandung risiko yang lebih besar. Kecuali dalam kegiatan latihan, maka manuver go-around tidak pernah dipersiapkan untuk dilakukan. Walaupun pada sisi yang bersamaan, manuver go-around harus selalu siap dilakukan oleh Pilot bila berhadapan dengan situasi yang memaksa untuk dilakukan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN