Mohon tunggu...
Edy Supriatna Syafei
Edy Supriatna Syafei Mohon Tunggu... Penulis

Tukang Tulis

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Artikel Utama

Lebaran Betawi 2019 "Nggak Aci"

21 Juli 2019   08:24 Diperbarui: 21 Juli 2019   12:38 0 40 12 Mohon Tunggu...
Lebaran Betawi 2019 "Nggak Aci"
Lebaran Betawi 2019 Ilustrasi (KOMPAS.com / VITORIO MANTALEAN)

Lebaran Betawi 2019 nggak aci. Kalo ane punya duit banyak, kesenian nyang penting-penting harusnye ngikut. Coba liat, siape yang nggak tau tuh tarian topeng Betawi. Ude beken, terkenal. Eh, kok nggak ikut keriaan Lebaran Betawi 2019. Pasti ade ape-apenye?

Demikian protes Bang Muis, salah seorang warga pinggiran Betawi di kawasan Kelurahan Ceger, Cipayung, Jakarta Timur, terkait acara Lebaran Betawi yang digelar di kawasan Monas.

Sebelum itu Muis menjelaskan apa sih yang dimaksud "nggak aci" itu? Penulis Kamus Dialek Jakarta, Abdul Chaer mendifinisikan aci artinya sah, benar. Misalnya kerjaan lu kage benar, jadi kudu diulang. 

Aci bisa pula berarti kanji, pati. Nah, karena didahului kata nggak, maka bermakna Lebaran Betawi itu kudu diulang lantaran tidak sah, tidak tepat atau tidak benar.

Mandra ketika tampil di acara topeng Betawi. Foto | dokpri
Mandra ketika tampil di acara topeng Betawi. Foto | dokpri
Bagaimana dengan kata keriaan, Abdul Chaer tak menjelaskan. Namun dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia disebut bahwa keriaan bermakna kegembiraan, kegirangan. Misalnya, berita tentang keberhasilan anaknya diterimanya dengan keriaan yang besar.

Kata keriaan sudah langka digunakan masyarakat ibu kota. Biasanya, orang Betawi menyebut acara perkawinan, khitanan disebut sebagai acara keriaan lantaran dimeriahkan dengan acara dangdutan.

Jadi, kata Muis, keriaan Lebaran Betawi 2019 nggak aci. Mengapa? Ya, lantaran ada satu kesenian tradisional Betawi yang sudah beken tidak disertakan. Kesenian apa itu? Ya, kesenian tradional Tari Topeng Betawi.

Untuk itu ia minta kepada penulis melihat jadwal acara selama Lebaran betawi 2019. "Mata acaranye sih keren-keren, cuma Tari Topeng nggak ade?" kata Muis dengan mata melolot diarahkan kepada penulis. Pokoknya nggak aci. Ini sama saja dengan orang mau sembayang tapi nggak punya wudhu.

"Ya, batal lah," katanya lagi.

Tari topeng Betawi yang dilupakan. Foto | Dokpri
Tari topeng Betawi yang dilupakan. Foto | Dokpri
Lebaran Betawi dibuka dengan pembacaan surah Yasin dan tahlil. Acara pembukaan dan doa bersama dipusatkan di panggung utama, Silang Monas Barat Daya, Jakarta Pusat. Acara ini berlangsung pada 19 Juli - 21 Juli 2019.

Lantaran kita baru selesai Pilpres, tema festival ini disesuaikan dan mengambil tema 'Dengan Budaye Kite Perkokoh Persatuan dan Kesatuan Indonesia'. Ayo, kite jage kerukunan di lingkungan masing-masing.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3