Mohon tunggu...
Ekonomi

Mengapa Bukan Biaya Tenaga Kerja Tak Langsung yang Dibebankan kepada Harga Pokok Penjualan?

30 November 2015   16:44 Diperbarui: 30 November 2015   17:38 0 0 0 Mohon Tunggu...

(Sumber: http://www.akuntansiitumudah.com/biaya-upah-tenaga-kerja-langsung-direct-labor/)

Tenaga Kerja Langsung ialah tenaga (pekerja) yang terlibat dalam proses produksi. Jadi dapat dikatakan bahwa biaya tenaga kerja langsung adalah biaya yang dikeluarkan untuk tenaga kerja yang terlibat dalam proses produksi. Proses produksi di sini ialah proses bahan baku menjadi barang yang siap jual.

***

Seperti yang dijelaskan di atas, biaya tenaga kerja langsung atau upah langsung merupakan biaya yang digunakan dalam produksi yang dapat diidentifikasikan secara langsung kepada produk yang dihasilkan. Contohnya, dalam industri garmen, tenaga kerja yang memproduksi pakaian dapat dikategorikan sebagai biaya tenaga kerja langsung. Termasuk dalam pengertian upah adalah gaji, asuransi, bonus, THR, serta tunjangan lainnya yang diberikan kepada karyawan atau pekerja yang terkait langsung dengan proses produksi.

Pada beberapa perusahaan memiliki suatu program yang dinamakan gaji dan upah intensif dengan tujuan untuk meningkstkan produktifitas karyawan yang berarti meningkatkan penghasilan karyawan yang produktifitasnya tinggi dan sekaligus menekan biaya produksi satuan.

Program ini memiliki dua cara perhitungan, ialah menghitung berdasarkan jam kerja yang dilakukan karyawan atau dihitung berdasarkan satuan hasil yaitu barang jadi yang dapat dihasilkan oleh masing masing karyawan. Cara ini dinilai efektif untuk dapat meningkatkan produktifitas karyawan dan menekan biaya produksi satuan.

Penentuan Biaya Tenaga Kerja Langsung

  1. Perencanaan pekerjaan yang akan dilakukan
  2. Menggambarkan isi pekerjaan dari pekerjaan, dengan menunjukkan keterampilan, pengetahuan, dll
  3. Pencocokkan pekerjaan dengan karyawan

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam perencanaan tenaga kerja ialah:

  1. Kebutuhan tenaga kerja.
  2. Pencarian atau penarikan tenaga kerja.
  3. Latihan bagi tenaga kerja baru.
  4. Evaluasi dan spesifikasi pekerjaan bagi para tenaga kerja.
  5. Gaji dan upah yang harus diterima oleh tenaga kerja.
  6. Pengawasan tenaga kerja.

 

Persiapan dalam melakukan anggaran biaya tenaga kerja langsung

Sebelum menentukan anggaran tenaga kerja, perlu ditentukan terlebih dahulu dasar yang digunakan untuk menghitungnya. Secara umum perhitungan tenaga kerja langsung didasarkan oleh dua dasar, yaitu jam buruh langsung (Direct Labor Hour/DHL) dan biaya buruh langsung (Direct Labor Cost).

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
KONTEN MENARIK LAINNYA
x