Mohon tunggu...
Edruardo JuanunesSembiring
Edruardo JuanunesSembiring Mohon Tunggu... Mahasiswa - POLTEKIP

Hobi Main Futsal

Selanjutnya

Tutup

Vox Pop

Kiat Membangun Kekuatan Diri Petugas dan Taruna agar Tidak Mudah Terpengaruh Tekanan Sosial Untuk Melakukan Korupsi

23 September 2022   12:08 Diperbarui: 23 September 2022   12:09 25 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Bisnis. Sumber ilustrasi: Unsplash

Permasalahan korupsi yang dialami oleh bangsa Indonesia telah berada pada titik yang mengkhawatirkan. Secara hukum, korupsi adalah "sebuah perbuatan yang dilakukan dengan maksud memberikan keuntungan yang tidak sesuai dengan tugas resmi dan hak orang lain. Korupsi dapat menimbulkan dampak berbagai masalah sosial di masyarakat. Korupsi rawan terjadi pada sektor pelayanan publik. Maraknya korupsi di Indonesia disinyalir sudah terjadi di semua bidang dan sektor pembangunan. Lemahnya sanksi bagi pelaku tindak pidana korupsi dana bansos menyebabkan pelaku tidak takut dan cenderung mengulangi perbuatannya kembali.

Disiplin adalah kebiasaan dan tindakan yang konsisten terhadap segala bentuk peraturan atau tata tertib yang berlaku. Disiplin berarti patuh pada aturan. Tanggung jawab adalah sikap dan perilaku seseorang dalam melaksanakan tugas dan kewajibannya, baik yang berkaitan dengan diri sendiri, sosial, masyarakat, bangsa, negara maupun agama. Adil berarti tidak berat sebelah, tidak memihak pada salah satu. Adil juga berarti perlakuan yang sama untuk semua tanpa membeda-bedakan berdasarkan golongan atau kelas tertentu.

Berani adalah hati yang mantap, rasa percaya diri yang besar dalam menghadapi ancaman atau hal yang dianggap sebagai bahaya dan kesulitan. Berani berarti tidak takut atau gentar. Peduli adalah sikap dan tindakan memperhatikan dan menghiraukan orang lain, masyarakat yang membutuhkan, dan lingkungan sekitar. 

Arti nilai kerja keras yaitu sungguh-sungguh berusaha ketika menyelesaikan berbagai tugas atau amanah dan dilaksanakan dengan sebaik-baiknya. Kerja keras berarti pantang menyerah dan terus berjuang. Mandiri adalah dapat berdiri sendiri. Mandiri berarti tidak bergantung pada orang lain, juga berarti mampu menyelesaikan, mencari, dan menemukan solusi atas masalah yang dihadapi. Sederhana adalah bersahaja. Sederhana berarti menggunakan sesuatu secukupnya dan tidak berlebihan.

Terjadinya korupsi menjadi Kewaspadaan. Korupsi merupakan perilaku yang sudah membudaya dan fenomena korupsi umum dijumpai di masyarakat. Hal tersebut bisa terjadi jika kita tidak lagi memiliki nilai anti korupsi.

Oleh karena itu perlu dibudayakan nilai-nilai dan sikap-sikap anti korupsi dalam masyarakat. Pentingnya peran perguruan tinggi sebagai penjaga dan pengembang integritas bangsa, bukan saja sebagai bagian dari gerakan antikorupsi. Sebenarnya upaya memberantas korupsi yang paling murah adalah dengan upaya pencegahan . Penanaman nilai-nilai anti korupsi harus dilakukan sejak dini, dimulai dari pendidikan dasar sampai perguruan tinggi. Sebagai pribadi dan sebagai ASN, kita harus mempunyai nilai anti korupsi dan mampu mengimplementasikannya dalam kehidupan sehari-hari. Mari kita turut ambil peranan dan andil dalam menegakkan anti korupsi.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Vox Pop Selengkapnya
Lihat Vox Pop Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan