Mohon tunggu...
Edo Rusia
Edo Rusia Mohon Tunggu...

Pekerja swasta tinggal di Jakarta. Setiap hari menggunakan sepeda motor untuk mencari nafkah di Jakarta.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

400 Sepeda ‘Kepung’ Kampus UI

11 Desember 2011   04:08 Diperbarui: 25 Juni 2015   22:32 170 0 0 Mohon Tunggu...

Sudahkah Anda Bersepeda Hari Ini? Kalimat pertanyaan itu saya kutip persis dari shelter sepeda di depan kampus FISIP Universitas Indonesia (UI), Depok, Jawa Barat. Shelter itu menyediakan tujuh unit sepeda kayuh bagi warga civitas akademika universitas si jaket kuning. “Tiap shelter isinya beda-beda, ada yang 50 sepeda seperti di dekat stasiun kereta api Pondok Cina,” tutur Whakit CR, seorang petugas di shelter FISIP UI, Senin (5/12/2011) siang. Dia menjelaskan, di kawasan kampus UI Depok, Jawa Barat, ada 18 titik untuk tempat peminjaman sepeda. “Jumlah sepeda seluruhnya ada 400,” tutur pria yang mulai bekerja sejak Februari 2011 itu. Guna meminjam sepeda, seseorang harus menunjukan kartu tanda mahasiswa (KTM), kartu pegawai, atau kartu dosen. Para peminjam sepeda bisa memakai sepanjang waktu operasional, antara pukul 07.30-17.00 WIB. Sepeda tidak boleh dipakai di luar trek yang sudah ditentukan. Apalagi sampai dibawa keluar areal kampus. “Dahulukan pejalan kaki,” tulis pesan yang ada di shelter tersebut.

Pesan keselamatan jalan yang lainnya pun terpampang disitu. Mulai dari ajakan berdoa, selalu lihat kanan kiri saat melintas di jalan, hingga penggunaan headset yang bisa mengurangi kewaspadaan.
Kebayangkan? Pesepeda kayuh aja diajak agar waspada tidak memakai headset, apalagi pemotor yang kecepatannya lebih tinggi. Terus waspada saat berkendara. (edo rusyanto)

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x