Mohon tunggu...
Haedi Susandi
Haedi Susandi Mohon Tunggu... menulis apa saja

menulis apa saja

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan

Angin Puting Beliung Menerjang Tiga Desa di Kecamatan Kroya Indramayu

4 Mei 2019   13:27 Diperbarui: 4 Mei 2019   16:18 0 0 0 Mohon Tunggu...
Angin Puting Beliung Menerjang Tiga Desa di Kecamatan Kroya Indramayu
Dokumentasi pribadi

Beberapa hari menjelang bulan suci Ramadan, penduduk di Desa Kroya, Tanjungpura dan Sumbon, Kecamatan Kroya dilanda musibah bencana alam angin puting beliung pada Kamis malam (2/5/19).

Musibah ini menerjang sebanyak 41 rumah warga mengalami kerusakan, 5 diantaranya hancur tak berbentuk akibat tertimpa pohon besar. Jumlah rumah rusak terbanyak berada di Desa Kroya yakni sebanyak 25 rumah.

Sementara sisanya tersebar di Desa Sumbon dan Tanjungpura namun mayoritas hanya mengalami kerusakan ringan. Tidak ada korban jiwa dalam musibah yang membuat panik masyarakat disana itu. Namun, kerugian materil yang diderita penduduk itu ditaksir mencapai ratusan juta rupiah.

Selain rumah warga, angin puting beliung disertai hujan deras yang menerjang sekitar pukul 19.00 WIB tersebut, juga merobohkan pepohonan besar dan merusak jaringan listrik PLN serta Telkom.

Akibatnya, upaya recovery baru bisa dilakukan pada esok harinya atau Jumat (3/5/19). Puluhan anggota TNI, Polri, Pamong Desa dan elemen warga bergotong-royong melakukan perbaikan rumah serta membersihkan jalanan yang tertutup pohon tumbang.

Termasuk pula melakukan evakuasi para korban angin puting beliung yang rumahnya ambruk untuk sementara tinggal dirumah keluarganya yang selamat dari terjangan angin puting beliung.