Mohon tunggu...
Edhel Anastasia
Edhel Anastasia Mohon Tunggu... remaja perempuan yang masih labil

Never give up

Selanjutnya

Tutup

Bisnis

Proses Pembuatan Tahu

6 Agustus 2020   07:25 Diperbarui: 6 Agustus 2020   07:18 562 2 1 Mohon Tunggu...

Terdapat banyak kacang kacangan di Indonesia ini ada kacang mete,kacang kedelai,kacang,kacang tanah,kacang hijau,kacang polong,kacang merah.
Namun ada satu kacang dari kacang tersebut yang bisa di jadikan bahan makanan sehari hari apakah itu? Tentu saja kacang kedelai kacang kedelai dapat diolah jadi susu,tempe dan tahu .

Tahu merupakan makanan yang mengandung protein nabati yang sangat baik untuk perbaikan gizi.Selain bergizi tahu juga memiliki harga yang terjangkau jadi tidak perlu mengocek saku terlalu dalam untuk membeli tahu karena harga nya yang terjangkau.

Saya akan menjelaskan cara pembuatan tahu sebagai berikut.

1. Kacang kedelai ditimbang dan dicuci dengan bersih,lalu kacang kedelai dimasukkan kedalam alat khuss untuk memisahkan kacang dengan kulitnya.

2. Kedelai direndam dengan air bersih,hal ini bertujuan supaya kedelai mengembang dan lebih mudah digiling.Saat proses penggilingan tambahkan sedikit air untuk menghasilkan tekstur yang halus seperti bubur.

3. Kedelai yang sudah halus dimasak dalam tungku besar sampai mendidih.Saat proses pemasakan perlu ditambahkan air dan di aduk agar tidak menjadi buih.

4. Adonan tahu yang sudah matang lalu disaring dengan kain saring tahu dan diperas.Cara tersebut akan menghasilkan ampas tahu.Tahu yang sudah di saring ini bentuknya akan seperti sari kedelai dan ditambahkan larutan pengendap (air biang) sedikit demi sedikit sambil diaduk secara perlahan.

5. Setelah proses penggumpalan,air asam dibuang dan adonan tahu bisa dicetak.Proses pencetakan ini menggunakan kain saring tahu dan di press agar tahu menjadi padat

Tahu yang sudah jadi bisa di olah menjadi makanan apa saja selain mudah tahu juga bergizi untuk tubuh manusia .

VIDEO PILIHAN