Mohon tunggu...
Ederick Darya S
Ederick Darya S Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Easy going, active, and passionate

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Geladi Hominisasi UNPAR

27 November 2022   18:21 Diperbarui: 27 November 2022   18:24 105
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Geladi Hominisasi dimulai dengan mengerjakan tugas pra geladi, dimana saya mendengarkan lagu Indonesia Raya dengan full 3 stanza, lalu mencari syair yang menarik dan bermakna bagi diri saya. Saya juga menonton film dokumenter mengenai bagaimana upaya masyarakat dalam melindungi dan melestarikan hutan hujan tropis sehingga bisa tercipta kesadaran dalam diri masyarakat untuk melestarikan hutan. Lewat kegiatan tersebut, saya mendapatkan wawasan baru dan juga lebih sadar akan pentingnya perilaku kita sebagai warga negara Indonesia.

Pada kegiatan geladi, Minggu, 20 November 2022 saya juga mendapatkan sebuah topik untuk dibahas, yakni Hari Toleransi. Saya berdinamika bersama-sama dengan anggota kelompok lainnya untuk mempelajari dan memaparkan apa yang sudah dipelajari kepada seluruh peserta geladi. Lewat kerja kelompok ini, saya mendapatkan kesempatan untuk berkenalan dengan teman-teman lain, bekerja sama, dan berpendapat dalam kelompok. Dengan mengikuti geladi ini saya menjadi belajar bahwa berkomunikasi dengan sesama merupakan suatu hal yang sangat penting. Pengetahuan, opini, dan ide dalam diri kita dapat diutarakan dengan orang lain dengan berkomunikasi menggunakan bahasa yang baik. Berkomunikasi dengan baik, artinya bahwa kita dapat menyampaikan suatu hal dan orang yang kita tuju juga dapat memahami nya dengan baik.

Geladi Hominisasi yang saya jalani membuat saya dapat melatih diri untuk berani berpendapat, berperan aktif, dan bekerja sama dalam kelompok dengan anggota yang baru saya kenal. Lewat geladi ini juga saya menjadi ingin semakin mengembangkan kemampuan saya untuk dapat berkomunikasi dan berbahasa dengan baik. Saya sadar bahwa dalam kehidupan perkuliahan saya dan dunia kerja nantinya, kemampuan berkomunikasi ini merupakan suatu hal yang sangat penting untuk dimiliki. Maka itu, kedepannya, saya akan terus mencoba berlatih untuk berani mengutarakan pendapat dengan bahasa yang baik. Saya harap kegiatan geladi ini bisa membuat saya lebih berkembang serta dapat menjadi warga negara yang baik dan bermanfaat bagi sesama.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun