Mohon tunggu...
Eddi Kurnianto
Eddi Kurnianto Mohon Tunggu... orang kecil dengan mimpi besar.

orang kecil dengan mimpi besar.

Selanjutnya

Tutup

Film Pilihan

Resensi Seri Korea: "Bad Guy", Serial Aksi Gritty dari Korea

25 Maret 2021   00:08 Diperbarui: 15 April 2021   13:51 108 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Resensi Seri Korea: "Bad Guy", Serial Aksi Gritty dari Korea
Dok OCN

Kemarin seorang teman bertanya pada saya tentang tontonan series yang seru untuk 'marathon movie night' di Netf**x. Katanya dia cocok dengan selera beberapa film yang saya resensi. Saat saya sarankan film Korea, dia ketawa dan bilang; "gua males nonton film menye-menye yang cowoknya tampangnya halus kayak cewek.."

Gara-gara perkataannya itu, saya memutuskan membuat beberapa resensi film Korea yang nggak terlalu cinta-cintaan. Dulu juga kalau dengar serial Korea, yang terbayang adalah film romantis yang 'menye-menye'. Keinginan nonton film Korea di 'trigger' film Train To Busan yang asik banget. Setelah itu mulai cari-cari film sejenis, dan kemudian merambah juga ke series. Baru setelah cukup lama browsing berbagai series Korea, saya menemukan banyak series yang menyenangkan ditonton oleh penggemar misteri dan laga seperti saya. 

Series yang  saya rekomendasikan adalah "Bad guys".  Bad Guys adalah serial televisi Korea Selatan tahun 2014 yang dibintangi oleh Kim Sang-joong, Park Hae-jin, Ma Dong-seok, Jo Dong-hyuk dan Kang Ye-won. Saya menemukannya di Netf**X.  Awalnya agak bingung dengan banyak flashback yang isinya menjelaskan dan reasoning supaya alur cerita mudah dimengerti, tapi sejak awal premis ceritanya sudah seru. 

Untuk memerangi kejahatan kekerasan yang meningkat, Kepala Polisi meminta Detektif Oh Goo-Tak (Kim Sang-Joong) untuk membentuk tim khusus.  Oh Gu-Tak terkenal sering menggunakan kekerasan berlebihan sejak kematian anak perempuannya. Ia pun sedang di skors saat diminta membentuk tim tersebut. Inspektur Polisi Yoo Mi-Young (Gang Ye-Won) diminta menjadi pengawas tim khusus ini.

Bukannya membentuk tim terdiri dari detektif polisi, Oh Goo-Tak justru mengumpulkan anggota tim dari orang-orang berlatar belakang buruk yang sudah di penjara: Park Woong-Cheol (Ma Dong-Seok) mantan gangster yang jago berkelahi, Lee Jung-Moon (Park Hae-Jin) psikopat tersangka pembunuh berantai dengan IQ 165 yang dihukum karena membunuhi perempuan muda, dan Jung Tae-Soo (Jo Dong-Hyuk) seorang pembunuh bayaran. Inspektur Polisi muda yang ambisius, Yoo Mi-Young (Gang Ye-Won) kemudian diminta mengawasi tim ini oleh kepala polisi. 

Mereka awalnya memburu seorang pembunuh berantai yang melakukan pembunuhan di saat hujan, dan untuk melacaknya masing-masing anggota tim menjalankan gaya penyelidikan yang berbeda. Mereka harus mengunjungi kembali masa lalu yang gelap. Ternyata masa lalu yang mereka pikir sudah mereka tinggalkan kembali menghantui mereka, membuat tim ini harus menghadapi berbagai intrik dalam kasus human traficking, sementara mereka tetap harus berkejaran dengan pembunuh berantai yang terus mencari korban.

Dalam usaha menyelesaikan berbagai kasus itu, masalah pribadi antar para anggota tim juga muncul secara perlahan. Anggota tim ini bukan orang-orang yang baik dan lurus, tak heran berbagai rahasia muncul di saat mereka mulai masuk kembali ke kehidupan mereka sebelum di penjara. berhadapan dengan penguasa dunia hitam yang merasa terganggu dengan kegiatan tim ini. 

Park Woong-Cheol kembali terseret perebutan kekuasaan antar gangster, Lee Jung-Moon berusaha menyusuri lagi pembunuhan yang dituduhkan padanya karena ia lupa semua tindakannya, Jung Tae-Soo berusaha mencari pengampunan atas pembunuhan yang dilakukan, dan ambisi Yoo Mi-Young yang menyudutkannya pada pilihan; mengkhianati anggota tim nya atau ikut jatuh bersama tim tersebut. Konflik memuncak ketika terungkap alasan Oh Goo-Tak membentuk tim khusus dengan anggota-anggota unik tersebut.  

Bad Guys ini adalah salah satu series yang dianggap sukses di Korea sana. Saking suksesnya, dari series ini dibuatlah sebuah film layar perak, dengan pemeran sebagian besar sama, yang sudah tayang di Indonesia tahun 2019. judul film tersebut; Bad Guys Reign Of Chaos (2019).

Walau series Bad Guys ini berhenti hanya 1 season, dan ceritanya dianggap sudah selesai, ternyata saking populernya tahun 2018 dibuatkah spin off nya dengan penulis yang sama, judulnya Bad Guys Ville City (BGCV). Series BGCV ini bersetting di kota lain dengan pemeran yang seluruhnya berbeda tapi digambarkan waktunya setelah setting waktu Bad Guys.

Jika anda ingin menonton intrik rumit, ending susah diprediksi, plot twist yang asik sekaligus adegan perkelahian yang intens, saya rekomendasikan seri ini untuk Anda.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x