Mohon tunggu...
Eddi Kurnianto
Eddi Kurnianto Mohon Tunggu...

orang kecil dengan mimpi besar.

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Evolusi Manusia

30 Juni 2016   01:42 Diperbarui: 30 Juni 2016   01:45 0 0 0 Mohon Tunggu...

Teori darwin bilang manusia berasal dari kera! itu pernyataan yang sering saya dengar. Menurut saya pernyataan itu over simplification. Darwin menyatakan bahwa makhluk hidup secara perlahan berevolusi sebagai adaptasi terhadap lingkungannya. Proses adaptasi itu terkadang berupa perubahan morfologi atau bentuk secara ekstrim.

nah bagaimana alur manusia menurut teori evolusi Darwin itu? Spesies apa saja yang bisa disebut sebagai nenek moyang homo sapiens alias manusia modern? berikut disampaikan secara berurutan (tentunya urutan ini hanya perkiraan karena kenyataannya ada yang waktu kehidupannya saling bertautan, dan ada yang saling mempengaruhi) dari spesies tertua yang sudah dianggap layak dianggap manusia cerdas, dan berkembang menuju homo sapiens saat ini.

1. Homo Habilis - manusia yg trampil, sudah menggunakan alat alat dari batu atau yg ada disekitarnya

2. Homo Ergaster ini masih diperdebatkan, apakah mereka menjelajah keluar Afrika atau tetap menetap di Afrika saja, sampai punah 1.3 juta tahun yang lalu. intinya Ergaster kemungkinan menjadi nenek moyang keturunan langsung manusia purba lain seperti: Homo heidelbergensis, Homo sapiens, Homo neanderthalensis dan Homo erectus Asia.

3. Homo Erectus dijuluki “Manusia Tegak” yang diperkirakan hidup 1.9 juta tahun lalu. perkembangan Homo Erectus dalam berevolusi menyebar hingga bagian dunia: Georgia, India, Sri Lanka, Cina dan Jawa. Penyebaran sukses itu membuat Erectus didaulat sebagai Homo pertama keluar dari Afrika. oh iya, homo erectus sudah mulai menggunakan api yang ada di alam..

4. homo Rudolfensis - Memang masih meperdebatkan, tapi Rudolfensis ini dianggap akar evolusi utama dari manusia moderen. perubahan tengkorak dan struktur tubuh mulai mirip dengan manusia modern.

5. Homo Antecessor - salah satu spesies manusia pertama yang pernah hidup dieropa. Tinggi Antecessor sekitar 1,6-1,8 m  Ukuran otak kira-kira 1,000-1,150 cm. Antecessor diduga dudah mulai berkomunikasi dan mengerti bahasa yang simbolik dan dapat berpikir, mirip dengan Homo Sapiens saat ini.

6. Homo Cepranensis - Pada tahun 1994 fosil Homo Cepranensis  ditemukan oleh arkeolog Italo Biddittu. diduga Cepranensis adalah moyang dari Homo Neanderthalensis,

7. Homo Heidelbergensis - dengan volume otak yang hanya berbeda sedikit dengan homo sapiens modern, kemungkinan mereka nenek moyang Homo (Afrika), Neanderthal (Eropa) dan Denisovans (di Asia Tengah). Heidelbergensis menjelajah afrika, eropa dan asia barat. tak heran jejak nya ditemukan dimana-mana.

8. Homo Neandertalensis - kebanyakan tinggal di daerah Eropa Barat, Asia Tengah dan Asia Utara. Spesies ini dinamain Neandertal, Karena diambil dari Lembah Neander”, Jerman tempat pertama kalinya fosil mereka ditemukan. Gaya hidup Neanderthal ketahuan, udah lebih moderen dibanding Homo sebelumnya. mereka udah bikin alat canggih, bukan cuma kapak batu, melainkan tombak panjang. juga untuk tempat tinggal dan transportasi kapal yang memadai.

9. Homo Sapiens atau manusia modern - Homo Sapiens tentunya tidak langsung sempurna seperti manusia sekarang, tapi bertahap. dari perkiraan awal hidup 200 ribu tahun yang lalu, baru menunjukan “Kemoderenitas-nya” sekitar 50.000 tahun yang lalu.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x