Mohon tunggu...
I Ketut Suweca
I Ketut Suweca Mohon Tunggu... PNS, Dosen, Penulis, dan Pencinta (Berat) Literasi

Kecintaannya pada dunia literasi membawanya suntuk berkiprah di bidang penulisan artikel dan buku. Baginya, hidup yang berguna adalah hidup dengan berbagi kebaikan, antara lain, melalui karya tulis.

Selanjutnya

Tutup

Hobi Artikel Utama

Tanaman "Penguasa Kegelapan" yang Berwajah Cantik dan Bisa Berubah Rupa!

2 April 2021   18:46 Diperbarui: 3 April 2021   05:24 866 42 20 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Tanaman "Penguasa Kegelapan" yang Berwajah Cantik dan Bisa Berubah Rupa!
Memboyong si Penguasa Kegelapan ke rumah (Dokumentasi pribadi)

Bedugul. Apakah Anda sudah mengenal nama itu? Tepat sekali, Budugul adalah satu satu destinasi wisata terkenal di Bali. Bedugul termasuk wilayah Kabupaten Tabanan. Tempatnya di ketinggian atau di pegunungan membuat udaranya sejuk.

Di situ terdapat sebuah danau alam yang bernama Danau Beratan dengan pura-nya yang tak kalah tenarnya, bernama Pura Ulundanu Beratan. Tidak jauh dari situ, ada juga Kebun Raya Bedugul.

Jarak Bedugul dari Denpasar lumayan jauh, sekitar 75 km. Dibutuhkan waktu tempuh kurang-lebih 2 jam untuk tiba di tempat ini dari Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, mengarah utara atau ke pegunungan.

Danau Beratan, Bedugul, Tabanan (Sumber: travel.tempo.co)
Danau Beratan, Bedugul, Tabanan (Sumber: travel.tempo.co)

Pasar Bedugul

Nah, wilayah Bedugul sebenarnya sudah sering saya lintasi. Kali ini, tidak lagi sekadar melintasinya, melainkan singgah sejenak di Pasar Bedugul.

Pasar Bedugul menjual berbagai macam produk. Tidak seperti pasar biasanya, pasar Bedugul adalah sebuah pasar yang disediakan untuk wisatawan.

Sebagai pasar yang diperuntukkan bagi wisatawan, produk yang dijual bukan terfokus pada kebutuhan dapur atau rumah tangga lainnya melainkan berbagai macam makanan produksi daerah setempat, cenderamata, dan tanaman.

Jika, misalnya, Anda hanya sekadar singgah, lalu menghentikan kendaraan di pinggir jalan dekat pasar, para penjual jagung dan stroberi akan datang mendekati Anda untuk menawarkan dagangannya. Di samping stroberi dan jagung, dijual juga kacang tanah, baik yang direbus maupun disangrai (nyahnyah, Bahasa Bali).

Jika Anda berkesempatan masuk ke dalam pasar, berbagai aksesoris atau cenderamata tersedia hampir di setiap toko di tempat itu. Ada kipas, patung-patung kecil berbahan kayu, lukisan, berbagai macam kain, dan pernak-pernik kerajinan lainnya yang disukai para tamu.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x