Mohon tunggu...
I Ketut Suweca
I Ketut Suweca Mohon Tunggu... PNS, Dosen, Penulis, dan Pencinta (Berat) Literasi

Kecintaannya pada dunia literasi membawanya suntuk berkiprah di bidang penulisan artikel dan buku. Baginya, hidup yang berguna adalah hidup dengan berbagi kebaikan, antara lain, melalui karya tulis.

Selanjutnya

Tutup

Gaya Hidup Pilihan

Buni dan Duwet, Buah Favorit Sejak Masa Kecil yang Banyak Khasiatnya!

25 Januari 2021   14:42 Diperbarui: 26 Januari 2021   04:44 237 31 13 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Buni dan Duwet, Buah Favorit Sejak Masa Kecil yang Banyak Khasiatnya!
Buah buni (Sumber: bibitbunga.com)

Dua jenis buah itu sudah sangat akrab dengan keseharian saya sejak anak-anak. Maklum, sebagai anak petani, saya sering berada di kebun sehingga selalu melihat kedua jenis pohon buah ini. Tidak banyak jumlah pohon buni maupun duwet yang tumbuh di kebun. Pohon duwet seingat saya hanya tiga batang, sedangkan pohon buni hanya satu tapi tinggi besar dan sering berbuah lebat.

Yang Matang Berwarna Ungu Kehitaman

Masih jelas dalam ingatan, saat itu pohon buni sedang berbuah. Buahnya berwarna hijau kalau masih muda, lalu berubah merah kalau sudah mulai matang, dan berubah lagi menjadi ungu kehitaman jika sudah benar-benar matang.

Di samping dapat dimakan langsung, buah buni biasanya dibuat rujak yang enak rasanya. Tetapi, saya lebih senang menikmati langsung buah buni segar yang baru dipetik dari pohonnya daripada yang sudah jadi rujak. Rasanya segar dan enak. Susah menyebutnya seperti apa rasanya. Pembandingnya tidak ada sih.

Di samping buni, saya juga suka sekali dengan buah duwet (bahasa Bali, juwet). Melihat dan dapat memetik buah ini yang bergelayut di pohon, betapa senangnya hati saya. Bahkan, semasih anak-anak, saya suka duduk di pohon sambil memetik dan menikmati sedapnya buah duwet yang matang.

Mirip seperti buni, buah duwet masih muda berwarna hijau muda. Tetapi, jika setengah matang akan berwarna merah dan kalau sudah benar-benar matang akan berubah menjadi ungu kehitaman. Yang ungu-hitam ini memang enak dinikmati, apalagi kebetulan dapat yang batunya kecil dan isi dagingnya banyak.

Makan buah duwet di pohon pada masa kecil dulu, terkadang sampai terbawa mimpi hingga dewasa. Seakan-akan mimpi itu nyata. Duduk di cabang pohon dan satu demi satu buah duwet itu saya petik dan  nikmati. Bahkan, saya pernah ditegur paman gara-gara pukul enam  pagi sudah ada di atas pohon demi bisa makan duwet.

Manfaat Buah Buni

Buah buni adalah buah bacca atau berry. Nama latinnya antidesma bunius. Sekilas buah ini tampak mirip buah anggur, bentuk bulat, kecil dan bergerombol. Hanya, kalau anggur bentuknya bulat, kalau duwet sedikit lonjong.

Sebuah informasi menyebutkan, buni adalah buah yang umum ditemukan di beberapa negara Asia seperti India, Malaysia, dan Singapura. Buah ini relatif langka di Indonesia, tetapi kita masih dapat menemukan di kebun petani atau memesan bibit buah ini di toko online. Buah ini juga dikenal dengan nama Queensland cherry.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x