Mohon tunggu...
I Ketut Suweca
I Ketut Suweca Mohon Tunggu... PNS, Dosen, Penulis

Membaca dan menulis adalah minatnya yang terbesar. Kelak, ingin dikenang sebagai seorang penulis.

Selanjutnya

Tutup

Hobi Pilihan

Membaca dan Menulis, Antara Mengisi Diri dan Hidup Berbagi

23 September 2020   14:48 Diperbarui: 24 September 2020   05:20 569 64 22 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Membaca dan Menulis, Antara Mengisi Diri dan Hidup Berbagi
Membaca dan menulis (Sumber: entrepreneur.com)

Mengapa sih kita perlu membaca? 

Sekadar untuk mengisi waktu luangkah? 

Lalu, kenapa kita menulis? Untuk unjuk pengetahuankah? 

Banyak orang memahami dan menyadari bahwa membaca itu penting dan perlu. Dari anak-anak hingga dewasa, kalau ditanya tentang hal ini, tentu akan bisa menjawab bahwa kegiatan membaca dan menulis itu perlu dilakukan dengan alasan masing-masing.

Bisa Pergi ke Banyak Tempat

Jika ditelisik lebih jauh, kegiatan membaca memungkinkan kita pergi ke mana-mana tanpa perlu ke mana-mana secara fisik. Sambil duduk dan menyeruput kopi hangat kita bisa bepergian ke berbagai tempat, ke mana pun kita mau. Tak perlu mengeluarkan biaya transportasi, penginapan, dan biaya lainnya untuk traveling.

Hanya dengan membaca, kita sudah mengetahui banyak belahan dunia, tak melulu tahu hijaunya rumput tetangga, he he he.

Ikutilah, misalnya, tulisan Bunda Roselina Tjiptadinata di kompasiana yang  mengajak kita bepergian ke banyak tempat. Beliau memiliki catatan yang lumayan lengkap tentang perjalanannya  bersama Bapak Tjiptadinata Effendi, pendamping setia beliau,  ke berbagai negara.

Lalu ada juga Mbak Hennie Triana yang selalu rajin mengabarkan sejumlah tempat wisata yang sempat beliau kunjungi, termasuk tempat wisata yang bersejarah. Yang terbaru yang saya baca tentang tempat wisata di Benggala, India. Artikel  Mbak Hennie biasanya dilengkapi dengan data yang akurat, mendalam, dan ditulis dengan bagus.

Selain itu, ada juga sahabat kita, Pak Tonny Syiariel yang bergiat di dunia travel sehingga banyak mengunjungi berbagai destinasi wisata di dunia. Beliau menyajikan berbagai destinasi wisata dunia itu dengan sangat apik untuk kita semua di sini.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x