Mohon tunggu...
I Ketut Suweca
I Ketut Suweca Mohon Tunggu... Dosen - Dosen - Pencinta Dunia Literasi

Kecintaannya pada dunia literasi membawanya suntuk berkiprah di bidang penulisan artikel dan buku. Baginya, hidup yang berguna adalah hidup dengan berbagi kebaikan, antara lain, melalui karya tulis.

Selanjutnya

Tutup

Hobby Pilihan

Pada Usia Berapakah Orang (Seyogianya) Menjadi Penulis?

28 Mei 2020   18:49 Diperbarui: 29 Mei 2020   11:54 749
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber gambar: https://id.pinterest.com/pin/517773288407666536/

"Saya terlalu muda untuk menjadi penulis. Belum memiliki pengetahuan yang cukup dan tanpa pengalaman."

"Saya sudah terlalu tua menjadi penulis. Sudah lewat waktu saya."

Itulah, antara lain, dua alasan mengapa orang akhirnya batal menulis. Ada yang memberikan alasan karena terlalu tua, ada pula yang berdalih terlalu muda untuk bisa menyandang predikat penulis. Kalau demikian, kapan sih  waktu yang tepat atau ideal untuk menulis dan menjadi penulis?

Menulis Sejak Usia 22 Tahun

Saya mulai menulis pada usia 22 tahun ketika tulisan pertama saya berhasil dimuat di koran nasional, Berita Yudha. Ketika itu mungkin saya belum memiliki pengetahuan yang cukup untuk menjadi penulis, tetapi toh saya memberanikan diri mengirim tulisan ke media mainstream. Dan, ketika naskah itu akhirnya dimuat, hati saya gembira bukan main. 

Sejak saat itu saya kecanduan menulis. Banyak koran yang saya jelajahi dan beberapa diantaranya sudi memuat artikel yang saya kirim. Diantaranya, Berita Yudha, Simponi, Swadesi, Nusa Tenggara, Tokoh, Bali Travel News, Bali Post, Bali Express, dan beberapa lagi lainnya sebelum bergabung dengan kompasiana. Ada pula 5 judul buku yang berhasil saya susun dalam beberapa tahun terakhir. Saya sangat bersyukur kepada Tuhan  atas semua ini.

Penulis Berusia Muda

Untuk menjawab pertanyaan pada usia berapa sebaiknya orang menjadi penulis, mari kita tengok dulu usia para penulis yang sudah terkenal, dimulai dari para penulis yang berusia muda. 

Pada awalnya barangkali kita menduga orang berusia belia itu tak mungkin bisa menjadi penulis, tapi kenyataannya bisa dan bahkan menghasilkan karya yang gemilang.

Pertama-tama saya ambil contoh penulis yang bernama Sir Thomas Wyatt yang berhasil meraih gelar MA di St. John's College, Cambridge, pada waktu berusia tujuh belas tahun, seperti disebutkan dalam buku Bagaimana Menjadi Penulis yang Sukses (1983). 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun