Mohon tunggu...
I Ketut Suweca
I Ketut Suweca Mohon Tunggu... Dosen - Dosen - Pencinta Dunia Literasi

Kecintaannya pada dunia literasi membawanya suntuk berkiprah di bidang penulisan artikel dan buku. Baginya, hidup yang berguna adalah hidup dengan berbagi kebaikan, antara lain, melalui karya tulis.

Selanjutnya

Tutup

Inovasi Pilihan

Posisi "Penjelajah" di Kompasiana: Dari Berbagi Buku hingga Dapatkan Voucher

22 Maret 2019   20:32 Diperbarui: 23 Maret 2019   05:56 189
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Media. Sumber ilustrasi: PIXABAY/Free-photos

Saya mulai aktif di kompasiana pada 24 Desember 2010. Kalau dihitung sekarang, sudah 8 tahun 3 bulan  kurang dikit. Cukup lama juga ya. Tapi, nanti dulu. Tidak keseluruhan waktu itu saya bisa benar-benar aktif di kompasiana. Saya kompasianer yang tidak termasuk yang aktif sekali, apalagi super aktif. Hanya sesekali saja menulis di sini. Bahkan, sempat vakum hampir lima tahun. Ya, selama lima tahun 'memaksa' diri off dari platform yang selalu membuat rindu ini. Ngapain selama lima tahun. Ya, ngurus yang lainlah. Dengan demikian, secara otomatis waktu yang dimanfaatkan untuk lumayan aktif di kompasiana hanya 3 tahun. Ya, hanya tiga tahun!

Posisi Penjelajah, Apa Maknanya? 

Oleh pengelola, belakangan posisi saya di kompasiana berubah. Dari "Taruna"  menjadi  "Penjelajah." Untuk tiba di posisi "Penjelajah", kompasianer diwajibkan memiliki minimal 10.001 point. Tetapi, apa arti posisi "Penjelajah" ini? Saya tak tahu persis. Biarlah pengelola kompasiana yang mengatur dan menilai. Paling tidak, posisi yang dikenakan itu merupakan bentuk perhatian dan penghargaan kepada para penulis di blog ini. Saya sangat mengapresiasi kinerja pengelola kompasiana.

Selama bergaul di blog ini, ada sejumput pengalaman manis yang bisa saya petik. Pertama, saya mempunyai teman-teman dunia maya yang banyak sekali jumlahnya. Sebagian dari teman-teman yang dulu aktif, kini sudah tidak aktif lagi. Mungkin mereka memiliki kesibukan lain. Kadang-kadang saya rindu saling berbagi dengan mereka, terutama melakoni 'adat' untuk saling mengunjingi dan berbagi semangat dan dukungan. Indah sekali rasanya.

Berbagi Buku antar Kompasianer

Kedua, sempat pula diantara kompasianer saling berbagi buku yang diterbitkan dari kumpulan artikel di platform ini. Misalnya, Pak Thamrin Dahlan dan Ibu Aridha Prasetia, dulu pernah mengirimi saya buku karya beliau. Ada pula kompasiana yang kebetulan juga seorang penerbit mengirimi saya tiga buku bagus banget lantaran di blog ini saya suka membuat resensi buku dari berbagai penerbit. Siapa lagi ya? Mohon maaf jika saya lupa.

Ketiga, saya juga pernah menulis buku yang bersumber dari serial artikel di kompasiana. Serial "I Love Writing" yang saya tulis secara serial dan berkesinambungan, saya himpun menjadi sebuah buku yang menarik. Judulnya : Menulis dengan Modal Nekat. Buku ini diterbitkan oleh Indie Publishing, Depok, tahun 2013.  Ada tiga orang kompasianer yang berbaik hati memberikan testimoni alias endorsement, yakni Pak Johan Wahyudi, Bapak Wijaya Kusumah (Omjay) dan Pak Joko Martono. Ketika itu buku tersebut terbit dengan pola "printed by demand" ada sejumlah sahabat di sini yang saya kirimi buku. Sayang, buku tersebut sudah tidak dicetak lagi. Hanya ada dua eksemplar arsip di rumah buat mengingat 'perjalanan' manis di blog ini.

Beruntung  Dapatkan Voucher 

Keempat, sebagai orang yang suka membuat resensi buku di lapak ini, saya lalu mencoba ikut 'kontes' meresensi buku yang diselenggarakan Kompas-Gramedia. Ehh.. beruntung ketika itu saya keluar jadi salah satu dari tiga pemenang. Dari situ saya diberikan hadiah berupa voucher untuk membeli buku seharga Rp.1.000.000,- Voucher sebesar itu saya tukarkan dan  memperoleh  sejumlah buku pilihan sendiri. Tak hanya untuk saya, buku-buku itu juga untuk istri dan anak-anak. Asyik juga berbagi buku tanpa mengeluarkan uang sama sekali. Terima kasih banyak kepada Gramedia-Kompas sebagai penyelenggara yang dulu sudah mengirim voucher untuk saya.

Setelah vakum selama 5 tahun, awal tahun ini saya kembali aktif menulis dan melakukan blogwalking di kompasiana. Ternyata kedapatan banyak sekali sahabat-sahabat baru di sini, sementara sebagian sahabat lama sudah 'menghilang' entah ke mana. Persis seperti saya yang juga sempat menghilang, he he he. Jadi, saya harus kembali dari awal, mesti ber-say hello dengan kompasianer lainnya. Syukur sekali respon para sahabat sangat positif. Kita semua menjadi teman di dunia maya dan mulai aktif saling mengunjungi dan berbagi.

Terima kasih kepada semua sahabat di sini, baik yang lama sudah kenal di dunia maya maupun yang belum lama bersua di platform ini. Terima kasih kepada pengelola kompasiana yang sudah memberikan wadah dan perhatian untuk kita saling berinteraksi yang positif. Salam hangat untuk semua.

( I Ketut Suweca, 23 Maret 2019).

Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun