Mohon tunggu...
Echa Wahyudi
Echa Wahyudi Mohon Tunggu... Freelancer - ECHA WAHYUDI SH.

Echa Wahyudi SH. Contact : 082278847651

Selanjutnya

Tutup

Politik

Kunjungi Pesibar, Riana Sari Arinal Akan Konsentrasi Kembangkan UMKM

22 Oktober 2021   15:36 Diperbarui: 22 Oktober 2021   15:37 40 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Politik. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Pesisir Barat, Kompasiana.co - Ketua TP-PKK Provinsi Lampung, Riana Sari Arinal akan berkonsentrasi mengembangkan produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kabupaten Pesisir Barat.

Hal tersebut di sampaikan saat melakukan kunjungan kerja (Kunker) di Kabupaten Pesisir Barat Jumat, (22/10/2021) bersama anggotanya.

"Kita akan berkonsentarsi mengembangkan produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan akan membuat program pemberdayaan bagi pelaku UMKM dengan menggandeng Bank Lampung permodalannya," kata Riana Arinal saat di mintai keterangan, Jumat, (22/10/2021).

Riana mengatakan pada masa pandemi sekarang ini UMKM harus menjadi perhatian bagi pemerintah Provinsi ataupun Kabupaten.

"Karena yang mampu bertahan di tengah pandemi sekarang ini hanya UMKM, dan UMKM saat ini menjadi penyokong ekonomi terbesar yang ada di Indonesia, sehingga kita harus memberikan perhatian yang lebih serta mengembangkan potensi UMKM yang ada di provinsi lampung khusunya di pesisir barat," jelas Riana Arinal.

Riana mengatakan produk-produk UMKM dan Kerajinan Tangan yang berasal dari Pesisir Barat memiliki potensi yang luar biasa jika di kembangkan dan di pasarkan keluar daerah.

"Seperti Abon blue Marlin, Gula semut ( gula aren), Keripik Pisang 3 varian rasa (balado,coklat dan asin), kemudian teh kelor, sedangkan untuk kerajinan tangan ada tapis dan batik dengan motif khas Pesisir Barat yaitu sulur-suluran, ikan tuhuk dan siger berlekuk, itu jika di kembangkan pasti akan memiliki nilai jual yang tinggi di pasar nasional," kata Riana.

Selain itu Riana mengatakan bahwa pelaku UMKM di provinsi lampung harus mendapatkan perlindungan, oleh karena itu nantinya Riana mengatakan pihak nya juga akan bekerjasam dengan BPJS ketenagakerjaan.

"Pelaku UMKM harus masuk masuk asuransi, sehingga nanti nya pelaku usaha bisa mendapatkan perlindungan asuransi jika terjadi hal-hal yang tidak di inginkan dengan UMKM nya maka anak-anak nya tetap akan bisa bersekolah, oleh karena itu tahun depan kita akan mulai program tersebut untuk mengembangkan usaha UMKM khususnya yang ada di Kabupaten Pesisir Barat," tandasnya.

Ditempat terpisah, Kepala Dinas Koperasi, UMKM, Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Pesisir Barat Melalui Kabid Koperasi dan UKM, Muhammad Irsyad mengatakan pihak nya akan terus berupaya membantu program yang akan di lakukan oleh pemprov tersebut.

"Kita tentu akan siap membantu merealisasikan program-program ibu Riana kedepan nya, karena kami juga ingin pelaku UMKM di Pesisir Barat mendapatkan hak-hak nya, seperti perlindungan asuransi dan juga mendapatkan bantuan modal untuk pelaku UMKM," katanya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Politik Selengkapnya
Lihat Politik Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan