Nama : Earsyia Anggraeni Putri
Institusi : Universitas Pamulang
Prodi : Pendidikan Ekonomi
Di masa pandemi covid-19 yang sudah berjalan hampir 2 tahun lamanya, bagi saya pandemi ini sudah menciptakan budaya baru dalam berbisnis. Transaksi keuangan tunai yang sering kita gunakan juga di alihkan ke transaksi non tunai.
Dalam penerapan prinsip kejujuran dalam berbisnis memiliki poin utama dalam menjalankan usaha bisnis kita dimanapun dan kapan pun. Dalam etika kejujuran, antara kita sebagai pengusaha dan konsumen saling mengetahui kelebihan serta kekurangan produk yang kita perjual belikan. Saling terpecaya baik dari kita sebagai pengusaha ataupun pelanggan. Kita harus memahami hak konsumen sebagai penerapan sistem.
Kita semua sebagai pengusaha sukses harus cerdas menghasilkan keuntungan dalam berbisnis tanpa harus menipu, strategi yang yang mampu kita gunakan yaitu harus memiliki kemampuan negosiasi yang baik, dan bisa membangun komunikasi serta reputasi yang baik. Prinsip integritas moral seperti yang diterapkan banyak pelaku bisnis yang sudah memiliki nama, maka akan sangat berpengaruh pada produk dari bisnis itu sendiri.
Pandemi covid-19 ini juga meruntuhkan perekonomian dunia. Perekonomian berjuang untuk bisa bangkit dari titik terbawah. Para pengusaha di seluruh dunia terus berjuang agar perekonomian mereka bisa terus stabil meski pasang surut selalu dihadapi. Untuk mencegah terjadinya kerugian atau bahkan kebangkrutan, terdapat 5 strategi yang bisa kita dilakukan untuk meningkatkan pendapatan bisnis di masa pandemic covid-19, diantaranya seperti penawaran diskon yang akan menarik perhatian konsumen untuk berbelanja di perusahaan yang dituju.
Setiap bisnis memiliki beberapa kekuatan dan kelemahan. Biasanya untuk bisnis yang sangat kuat di bidang kompetensi intinya akan sangat mudah berbaur di lingkungan bisnis. waktu yang tepat untuk kita semua saling bekerjasama dengan perusahaan lain untuk melengkapi kelemahan dan membantu membangun produk layanan atau penawaran baru untuk pelanggan kita. Jadi inilah saatnya untuk mengindentifikasi dengan siapa kita berbisnis dan dapat membuat kemitraan untuk menghasilkan pendapatan atau melakukan pekerjaan kemanusiaan.
Mempertahankan pelanggan lama dengan mendapatkan pelanggan baru memiliki tantangan tersendiri, oleh karenanya cara terbaik untuk meningkatkan bisnis adalah dengan mempertahankan pelanggan lama atau pelanggan setia. Dengan memberikan penawaran menarik kepada pelanggan setia akan lebih membuat mereka senang dan bisa memperbanyak channel untuk pelanggan baru berdatangan. Inovasi yang menarik, kreatif serta inovatif akan menarik perhatian pelanggan. Ada berbagai macam inovasi yang dapat di terapkan dalam berbisnis.
Salah satu contoh bisnis yang ada yaitu dari informasi perusahan Uber di Amerika Serikat yang telah memperkenalkan fitur baru Work Hub. Fitur ini memungkinkan pengemudi memberikan layanan berbeda untuk Uber Rata, Uber Works, dan lain-lain. Selain mengutakan identitas, brand story dapat membuat calon pelanggan kita lebih tertarik untuk membeli produk atau jasa yang di tawarkan oleh bisnis kita.Â