Mohon tunggu...
Junaedi Ham
Junaedi Ham Mohon Tunggu... Menulis

Lahir dari keluarga petani

Selanjutnya

Tutup

Sehat dan Gaya Pilihan

Minum Kopi Saat Sahur, Boleh?

6 Mei 2019   04:55 Diperbarui: 6 Mei 2019   06:13 0 1 1 Mohon Tunggu...
Minum Kopi Saat Sahur, Boleh?
www.fositip.com

Bagi kamu penikmat kopi, tentunya harus memiliki banyak referensi dan membaca artikel bagaimana menikmati kopi agar tetap sehat dan puasa tetap lancar. di mesin pencarian google ketika mengetik meniktmati kopi saat sahur ternyata banyak artikel tidak menganjurkan hal tersebut. 

Dilangsir dari Tirto yang dikutip dalam artikel Telegraph Steven Miller, Neuroscientist di Uniformed Services University of the Health Sciences di Maryland, Sebenarnya waktu efektif menikmati kopi adalah jam 9:30 hingga 11:30, mengapa? karena pada jam tersebut hormon Kortisol dalam tubuh kita sendang rendah. 

Minum kopi saat sahur rentan terkena dehidrasi karena kopi memiliki sifat meningkatkan intensitas buang air kecil. Artinya minuman yang kita komsumsi akan lebih mudah terbuang lewat saluran kencing. Padahal saat puasa tidak ada cairan yang masuk ke tubuh hingga magrib tiba.

Bagi orang terbiasa minum kopi akan menjadi tantangan yang berat jika harus menghindari kopi saat sahur. Apalagi kopi sudah menjadi penyemangat tersendiri terlebih saat butuh inspirasi.

Nah, tips minum kopi saat sahur agar tetap sehat dan puasa lancar gimana? berikut saya rampung dari berbagai artikel dan tips kesehatan.

Mengurangi Cafein pada kopi, Dilansir dari Kompas.com yang mengutip Cleveland Clinic Abu Dhabi, dosis aman bagi orang dewasa untuk mengkonsumsi kafein adalah 400 milifram atau setara 2-3 cangkir kopi. Jika sedang berpuasa, asupan kafein bisa dikurangi menjadi 200-300 miligram. caranya dengan menggunakan gelas yang lebih kecil, atau pilih jenis kopi yang rendah kadar cafeinnya.

Saat sahur juga diharuskan mengonsumsi air putih lebih banyak untuk mengatasi dehidrasi tubuh. Ketika anda mengonsumsi kopi pada saat sahur, anda akan memiliki energi untuk melanjutkan ibadah dan dapat berkonsentrasi saat bekerja atau melakukan aktifitas di pagi dan siang harinya.

Intinya selama ramadhan mengatur pola dan waktu minum kopi, mengimbangi dengan asupan gizi dan nutrisi lainya, agar tubuh tetap sehat saat menjalankan ibadah.

Selamat menunaikan ibadah puasa.