Mohon tunggu...
Dzulfin ArifPrakoso
Dzulfin ArifPrakoso Mohon Tunggu... Mahasiswa - Semangat!!!

Menjadi Insan yang Sukses

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Pemberdayaan Usaha Service Electro Melalui KKN UNTAG Surabaya

30 Juni 2021   01:38 Diperbarui: 30 Juni 2021   01:40 108 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Pemberdayaan Usaha Service Electro Melalui KKN UNTAG Surabaya
Dokumen pribadi

 Dalam rangka melakukan kegiatan pemberdayaan pada usaha service electronik Arifin Jaya di RT 01 RW 02 Desa Rungkut Menanggal Kecamatan Gunung Anyar Kota Surabaya, saya Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas 17 Agustus 1945 bermaksud membentuk sebuah rancangan dalam kegiatan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN). Kegiatan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN)  ini sangat membutuhkan saran serta dukungan mitra yang akan dituju agar dalam mewujudkan program yang sudah saya rencanakan tersebut berjalan lancar.

Dengan adanya kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) mandiri yang diadakan oleh Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya. Saya Dzulfin Arif Prakoso mahasiwa UNTAG Surabaya yang didampingi oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL ) Bapak Y.B. Agung Prasaja. 

Kegiatan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN)  ini dilakukan secara mandiri di sekitar tempat tinggal saya. Tak jauh dari tempat tinggal saya terdapat Pelaku Usaha Service Electronik Arifin Jaya, Desa. Rungkut Menanggal  RT.001/RW.002 Kecamatan Gunung Anyar Kota Surabaya.

Penulis akan bercerita sedikit mengenai Profile Bpk. Arifin. 

Arifin Jaya Electronik merupakan sebuah bidang usaha jasa service electronik yang terletak di Jl. Rungkut Menaggal Gang 2 No. 14 RT 01 RW 02. Arifin Jaya Electronik melayani jasa perbaikan Tv, Radio, Kipas dan macam-macam barang electronik lainnya. Awalnya usaha ini hanya melayani service tv saja, namun seiring dengan berjalannya waktu, Arifin Jaya Electronik ini mengembangkan usaha dengan melayani berbagai macam barang electronik tidak hanya Tv. Bahkan sudah bisa menambah peralatan service yang digunakan untuk kegiatan berwirausahanya.

Pada saat bersilaturrahmi di rumah Bapak Arifin, Penulis meminta izin tempat dan kesediaan agar diperbolehkan untuk ditempati kegiatan KKN. Penulis selaku mahasiswa mencoba membuka pembicaraan dengan menyampaikan maksud dan tujuan kedatangan penulis ke Bapak Arifin. Bapak Arifin dan sekeluarga berkenan menerima kami. Penulis memperkenalkan tujuan KKN yang diselenggarakan oleh pihak Universitas. Setelah berbincang-bincang cukup lama seputar kegiatan yang akan dilakukan di toko beserta memberi penjelasan terkait metode yang digunakan penulis dalam melakukan kegiatan KKN nantinya.

Selama proses Pra KKN berlangsung, penulis mendengarkan banyak cerita dari Bapak Arifin  selaku pemilik Arifin Jaya Electronik. Banyak hal yang beliau ceritakan mulai dari jatuh bangun pembangunan Arifin Jaya Electronik hingga keadaan atau kondisi sekarang. Tidak hanya itu saja, beliau juga menceritakan bagaimana cara melayani konsumen, managemen bisnisnya, mengembangkan skill dll.

Dokpri
Dokpri
Berdasarkan permasalahan yang dihadapi Bapak Arifin selaku pemilik Atifin Jaya Electronic maka untuk mengatasi permasalahan tersebut yaitu dengan membuat program kerja atau kegiatan sebagai berikut : 
  • Memisahkan antara uang pribadi dan uang hasil usaha

Memisahkan antara uang pribadi dan uang hasil usaha, hal itu masih belum dilakukan oleh Bapak Arifin, hal itu sangat diperlukan untuk mengetahui stabilitas keuangan dan laba rugi di wirausahanya.

  • Penataan ulang tempat barang service
  • Kegiatan ini merupakan penataan tempat dimana barang-barang yang tidak rapi dan tidak enak dilihat bisa menarik pelanggan ketika ada pelanggan yang mau menyervice kan barang nya yang rusak dan juga efisiensi tempat sehingga barang tidak kelihatan kumuh
  • Pembuatan brosur

Kegiatan pembuatan barosur dengan mendesaignd sedemikian menarik supaya orang disekitar tempat usaha ataupun diwilayah lain dapat mengetahui bahwa di RT 01 RW 02 Rungkut Menanggal ada jasa Service Electronik yang dimiliki oleh Bapak Arifin.

  • Promosi melalui media sosial
  • Kegiatan ini sudah tidak asing untuk anak milinial yang mana zaman sudah canggih dan berubah pesat ketika media sosial adalah alat bantu promosi dan media agar bisa dikenal kebanyak orang dengan cara yang efisien, bisa melalui Facebook, Instagram, Whatsapp dsb.
  • Bantuan alat bantu service
  • Kegiatan ini merupakan sebuah bantuan dengan memberikan alat yang dibutuhkan untuk service untuk tujuan agar Bpk. Arifin bisa lebih berkembang

Puji Syukur dan alhamdulillah Kegiatan KKN UNTAG SURABAYA Berjalan dengan semestinya dan membuahkan hasil mendorong usaha dari Bpk Arifin Bisa Berkembang Walaupun Tidak langsung melejit tetapi berkembang secara bertahap

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan