Mohon tunggu...
Dzikry
Dzikry Mohon Tunggu... Penulis

Saya hanyalah manusia biasa yang tinggal di bumi indonesia dan haus akan ilmu.

Selanjutnya

Tutup

Bisnis

Pengertian dan Inovasi Bisnis Digital bagi Generasi Milenial

21 Oktober 2020   15:36 Diperbarui: 21 Oktober 2020   15:43 993 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pengertian dan Inovasi Bisnis Digital bagi Generasi Milenial
Bisnis digital bagi millenial (Sumber gambar: selectmarketing.net.au)

Dikutip dari mas dzikry, bisnis digital kini memang mengalami perkembangan yang sangat pesat. Terutama bagi para generasi milenial yang dimana mereka berperan penting dalam mengembangkan perekonomian suatu negara. Terlebih juga mengetahui kecanggihan teknologi saat ini sehingga lebih mudah diaplikasikan.

Definisi Bisnis Digital

Bisnis digital merupakan salah satu jenis usaha yang mengutamakan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi ketika sedang melakukan proses produksi, penjualan hingga memasarkannya kepada calon pelanggan. Tentu pengertian ini tidak harus membuat Anda terpaku dalam penggunaan media software saja.

Segala bentuk pemasaran dan penjualan secara online seperti menggunakan Instagram dan Facebook juga termasuk ke dalam penerapan bisnis digital. Bagi yang sering memakai Shopee, Lazada dan e commerce lainnya maka sudah dikatakan ke daalm digital business meski tidak menjualnya.

Hal ini menunjukkan bahwa peluang dalam bisnis digital sangatlah besar dan cukup menjanjikan terutama bagi Anda yang sudah paham teknologi. Nyatanya kini telah banyak usaha yang memakai kecanggihan sistem tepat guna demi memasarkan produk secara efektif semi keuntungan maksimal.

Potensi Bisnis Digital di Indonesia

Perlu diketahui bahwa potensi bisnis digital di Indonesia memang sangatlah besar, masih ada lahan usaha yang belum dilirik secara optimal sehingga memberikan kesempatan bagi Anda untuk memulai berbisnis.

Penerapan bisnis digital ini memudahkan Anda sebagai produsen dalam menjual berbagai produk ke calon konsumen. Hal ini tentu saja otomatis dapat mengembangkan usaha kecil seperti industri rumahan dan UKM demi mendapatkan keuntungan.

Perkembangan bisnis digital ini pun juga diikuti dengan penggunaan smartphone yang semakin marak d Indonesia. Menurut Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet di Indonesia sendiri, saat ini telah ada pengguna internet sebanyak 132,7 juta orang.

Pilihan Ide Bisnis Digital

Tentu Anda sudah mengetahui bahwa peluang dalam mendirikan bisnis digital ini sangatlah besar dan menjamin keuntungan di masa depan asalkan bersungguh-sungguh dalam menjalankannya. Pastinya akan ada banyak sekali ide-ide yang bisa digunakan ketika ingin memulai berbisnis.

1. E-commerce

Tentu Anda sudah mengetahui bahwa digital bisnis satu ini telah marak diaplikasikan demi memasarkan berbagai jenis produk. Pasalnya banyak orang memang memilih cara satu ini karena dianggap efektif untuk menarik pelanggan.

Ciptakan sebuah platform e-commerce sendiri dengan menggunakan layanan di internet. Pengguna pun juga dapat memulainya dengan memanfaatkan kecanggihan sosial media seprti Instagram, Facebook dan Twitter untuk memasarkan produk.

2. Youtube

Platform satu ini memang sudah terbukti memiliki banyak pengguna. Anda bisa memanfaatkannya untuk mulai membuat channel pribadi sebagai cara promosi produk ke calon pelanggan. Pastikan jika konten dibuat secara berkualitas.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x