Mohon tunggu...
Bang Pray
Bang Pray Mohon Tunggu... Freelancer - Educator, Microsoft Inovative Educator, Writer

Pengajar dan pendidik yang menginginkan perubahan pendidikan yang lebih baik, sebagaimana konsep pendidikan Islam dalam waktu yang singkat menghasilkan orang-orang yang hebat. Tertarik pada teknolgi informasi, aplikasi android, teknologi pendidikan.

Selanjutnya

Tutup

Gadget Pilihan

Menjadi Guru Kreatif dengan CamScanner

15 April 2020   13:55 Diperbarui: 15 April 2020   13:52 109
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
https://en.intsig.com/18

Saat mengawas ujian semester ada fenomena menarik yang saya dapatkan. Ada sebuah kumpulan soal-soal dan jawabannya yang kemudian dibukukan dan jilid, sebagai bahan pelengkap belajar menghadapi ujian. Apanya yan menarik? Yang menarik bagi saya adalah tulisan di pojok kanan bawah dari buku kumpulan tersebut Scanned by CamScanner.

Mengapa ini menarik bagi saya, karena guru pengajarnya  memanfaatkan salah satu aplikasi android untuk meningktakn prestasi belajar anak didiknya dengan mengumpulkan soal-soal dan jawabannya kemudian menscannya dengan smartphone lewat aplikasi Cam Scanner. Ini merupakan salah satu ide kreatif wali kelas dalam rangka membantu belajar siswa-siswanya.

Itu artinya ada upaya untuk memberdayakan smartphonenya bukan hanya untuk sekedar chatingan pakai medsos, tapi lebih dari itu ia telah mendaya gunakan hp nya untuk lebih produktif.

Pengalaman saya pribadi saya Cam Scanner sangat membantu berbagai aktifitasku sebagai pengajar dan pendidik. Karena memang menurut saya inilah aplikasi Scanner platform android yang paling recommended menurut saya.

Kalau saya CamScanner saya gunakan untuk menscan id card dari teman-teman, paspor, buku nikah dll. Karena CamScanner dilengkapi dengan password sehingga aman.

Disamping itu jika hal-hal yang bermanfaat difacebook yang di share dalam bentuk image yang cukup banyak saya gunakan Cam Scanner untuk menyimpannya, sehingga bisa diurutkan dan mudah untuk dishare dalam berbagai format.

Disamping itu Cam Scanner saya gunakan untuk mengumpulkan referensi materi-materi yang saya ajarkan di kelas sehingga nantinya mudah untuk saya bagikan ke kawan-kawan guru lainnya.

Cam Scanner juga bisa menyimpan file pdf ke dalam format image juga. Apalagi sekarang ini ada penawaran menarik dari Cam Scanner yaitu free Akses premium untuk kalangan pelajar dan guru sampai 1 Juli 2020. 

Lantas apa keuntungan menggunakan layanan premium, pertama mendapatkan cloud storage sebesar 10 gb, kemudian fitu-fitu yang ada di aplikasi dapat digunakan semua. Semoga dengan adanya aplikasi-aplikasi android yang cangih ini dapat memudahkan guru untuk meningkatkan kualitas pengajarannya. Karena kita sebagai guru perlu mengadakan inovasi dalam mengajar di era digital ini.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Gadget Selengkapnya
Lihat Gadget Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun