Inamu Dzakiyyah
Inamu Dzakiyyah

Mahasiswi "Ngono yo ngono nanging yo ojo ngono"

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Melihat Emosi Muncul dari Bang Jojo!

2 September 2018   09:45 Diperbarui: 2 September 2018   09:53 475 1 1
Melihat Emosi Muncul dari Bang Jojo!
gettyimages.com

Asean Games sedang menjadi sorotan beberapa media untuk berlomba-lomba mengabdikan acara ini, acara yang berlangsung di Negri kita tercinta ini merupakan Pesta Olahraga Asia-18 menjadi fokus para masyarakat yang ingin menyaksikan perjuangan para atletnya akhir-akhir ini.

Akhir-akhir ini media sosial saya, terutama Watsaap dan Instagram penuh dengan Story beberapa wajah Atlet dari Indonesia yang tiba-tiba menjadi idola yang didamba para kaum wanita, termasuk teman-teman saya.  Akhir-akhir ini, ucapan yang sering familiar karena sering diucapkan didalam kelas saya adalah mas "Jojo" bagaimana tidak ketawa tingkah konyol teman saya ini mengundang perhatian baru untuk menghangatkan suasana kelas, ketika Dosen sedang serius-serius bertanya eh dengan santainya salah satu teman nyeplos " mas jojo bu"..

Jojo yang menjadi nama panggilan dengan nama asli Jonatan Christie  merupakan pembulu tangkis dari Indonesia, akhir-akhir ini menjadi bahan utama pembicaraan karena keberhasilannya mempersembahkan emas untuk Indonesia setelah menaklukan pemain asal Chinese Teipei, Chou Tien Chen dengan melakukan selebrasi membuka baju dan tampak tubuh seksi yang mengundang banyak perhatian para pemudi Indonesia.

Menurut JP Du Preez dalam buku Cara Kerja Emosi dan Pikiran Manusia, Emosi adalah reaksi tubuh dalam menghadapi situasi tertentu. Hal ini juga dapat ditunjukkan spontannya mas jojo melakukan selebrasi melepas baju didepan para penontonnya, bagaimana ekspresi yang menunjukkan wajah mas jojo, ketika reaksi tubuh dalam menghadapi sebuah situasi tertentu.

Dari pengertian emosi yang lain, Emosi adalah perasaan atau afeksi yang timbul ketika seseorang sedang berada dalam suatu keadaan atau suatu interaksi yang dianggap penting olehnya. Emosi diwakili oleh perilaku yang mewakili (mengekspresikan) kenyamanan atau ketidaknyamanan dari keadaan atau interaksi yang sedang dialami (Santrock 2007).

Keadaan yang penting bagi mas jojo salah satunya ia dapat unggul dari lawan mainnya. Bagaimana emosi muncul? Emosi muncul ketika seseorang mendapatkan respon atau perlakuan yang sesuai, setelah ia merasakan bahwa ia mendapat respon, maka ia akan berlanjut dengan kelekatan, selain kelekatan ia juga dapat berlanjut dengan kendali pada dirinya ketika ia merasa tidak nyaman.

Emosi mencoba menunjukkan tanda jika tidak mendapatkan Respon yang sesuai, dan akan berlanjut dia sedang kebingungan. Namun perlu diketahui, tidak semua emosi dapat terlihat dari ekspresi wajah, bahasa tubuh, aktivitas motorik dan perubahan fisiologis.

Waktu juga dapat menjadi salah satu kunci untuk memahami emosi, karena dalam waktu, manusia menyimpan pengalaman. Emosi dapat muncul juga ketika masalalu muncul diingatanya, oh iya dulu ia yang sudah membentak saya didepan teman saya sendiri, hal ini kemudian muncul emosi dengan ekspresi marah pada dirinya,
Duu Prezz dalam buku Cara Kerja Emosi dan Pikiran Manusia, Emosi manusia berkaitan dengan 3 Aspek yaitu persepsi, pengalaman, dan proses berfikir.

Hal itu dapat dilihat dari pengalaman h pengalaman jojo ketika mendapatkan poin unggul dari pemain lawannya.

Dengan melihat hal itu, 

Seseorang pasti melewati masa sebelum ia tumbuh remaja dan dewasa, yaitu masa bayi
Perlu diketahui juga mom, Tanda awal emosi yang terjadi Bayi ialah sebuah tangisan dan senyuman.
Tangisan pada bayi berupa tangisan, tangisan marah, tangisan kesakitan,dan tangisan Frustasi
Kemudian Senyuman pada bayi berupa senyuman Refleksi dan senyuman sosial.

pinterest.com
pinterest.com