Bisnis

Alasan Nabi Muhammad Menjadi Seorang Pembisnis

16 Mei 2019   22:20 Diperbarui: 17 Mei 2019   15:41 45 0 0
Alasan Nabi Muhammad Menjadi Seorang Pembisnis
unta-padang-pasir-1-1-5cde73af6db843631a563443.jpg

Sejarah membuktikan bahwa Nabi Muhammad sangat sukses dalam berbisnis. Bahkan Nabi Muhammad telah melakukan aktivitas bisnisnya sejak umur 12 tahun. Pada masa itu Nabi Muhammad sering diajak pamannya untuk berdagang kenegri syam. 

Pengalaman bisnis Nabi Muhammad yang lebih dari 20 tahun tentu tidak bisa diremehkan. Nabi Muhammad bahkan menjadi pemimpin perdagangan khalifah dan dikenal dengan sagat baik dinegara negara pusat perdagangan seperti Yordania, Irak, Yaman dan Lain-lain. Ternyata ada alasan Nabi Muhammad menjadi seorang pembisnis, antara lain :

Pertama, bisnis adalah ladang yang jelas untuk mencari rezeki. Jika dilakukan dengan baik dan benar, bisnis adalah lumbung rezeki yang jelas kehalalannya.

Kedua, bisnis adalah sebaik baiknya profesi. Bisnis merupakan profesi yang menjanjikan dalam sebuah keuntungan lahiriyah dan batiniyah.

"Pernah suatu ketika beliau ditanya oleh salah satu sahabat, perkerjaan apa yang paling baik? Beliau menjawab, seorang bekerja dengan tangannya sendiri dan setiap jual beli yang bersih."( HR. Al-bazzar)

Ketiga, bisnis merupakan gudang rezeki. Jika untung dalam bisnis maka keuntungannya dapat melebihi profesi lain. Bisnis merupakan sumber rezeki yang dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja.

"Sembilan dari sepuluh pintu rezeki ada pada perdagangan" (HR.Ahmad)

Keempat, bisnis menjadi ladang dakwah dan amal shaleh. Dalam hal ini, pembisnis akan lebih leluasa untuk membantu sesama manusia, yaitu dengan bersodakoh, infak dan zakat. Semua prilaku tersebut sebagian besar didapat dengan memiliki kekayaan. Orang yang memiliki kelebihan dalam harta mayoritas adalah pembisnis. Sehingga dengan demikian bisnis memang benar benar ladang basah untuk berdakwah dan beramal shaleh.

Kelima, bisnis menjadi salah satu cara menyebarkan syiar islam keseluruh pelosok kehidupan dan kalangan diseluruh dunia. Indonesia menjadi salah satu negara yang penduduknya memeluk agama islam melalui jalur perdagangan.

Alasan -alasan itulah yang menjadi sebab Nabi Muhammad menganjurkan berdagang kepada umat islam. Karna berdagang adalah salah satu aktivitas yang dapat memenuhi kebutuhan orang banyak.