Mohon tunggu...
Dyska Prianti Aqisna
Dyska Prianti Aqisna Mohon Tunggu... Mahasiswa

Unindra

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Pentingnya Kemandirian Belajar di Masa Pandemi

19 Mei 2021   10:08 Diperbarui: 19 Mei 2021   10:14 164 1 0 Mohon Tunggu...

Pada masa pandemi ini memberikan dampak yang signifikan terhadap berbagai aspek kehidupan, salah satunya aspek pendidikan. Pendidikan di masa pandemi ini mewajibkan peserta didik untuk belajar dari rumah demi mendukung himbauan pemerintah agar melakukan physical distancing, dan menjauhi aktivitas dalam segala bentuk kerumunan, perkumpulan, dan menghindari adanya pertemuan yang melibatkan banyak orang, sebagai upaya untuk menekan perluasan covid-19.

Pada situasi pandemi seperti saat ini, peserta didik diharuskan untuk belajar secara mandiri melalui pembelajaran daring. Dengan demikian peserta didik sebaiknya memiliki kemandirian belajar yang baik, sehingga mampu mengikuti proses pembelajaran dengan harapan mendapatkan hasil belajar yang baik pula. Namun nyatanya tidak semua peserta didik memiliki kemandirian belajar yang baik, sehingga kemandirian peserta didik dalam belajar perlu untuk dikembangkan.
Kemandirian belajar itu sendiri merupakan kesadaran diri untuk belajar dengan tidak bergantung kepada orang lain dan merasa bertanggung jawab dalam mencapai tujuan yang diinginkan. Seseorang dikatakan pembelajar mandiri apabila memiliki kapabilitas dalam mengarahkan pembelajaran mereka sendiri.
Kemandirian belajar tidak dapat muncul  begitu saja. Kemandirian  belajar  juga tidak bergantung pada keturunan, tetapi banyak hal-hal yang mempengaruhinya. Kemandirian belajar juga dipengaruhi oleh beberapa   faktor, faktor-faktor  yang  dapat mempengaruhi kemandirian belajar antara lain: 1) Faktor Psikologis: Integensi, minat, motivasi; 2)  Faktor  Fisiologis:  Sakit,  cacat  tubuh; dan 3) Faktor lingkungan: Keluarga, suasana rumah, sekolah. Adapun Indikator Kemandirian Belajar, terdiri dari:1) Percaya  diri,  2)  Aktif  dalam  belajar, 3) Disiplin dalam belajar, 4) Tanggungjawab dalam belajar.
Kemandirian belajar peserta didik berpengaruh positif terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa dalam pembelajaran, motivasi siswa dalam belajar, dan hasil belajar siswa.Kemandirian belajar di masa pandemi sangatlah berperan penting bagi peserta didik.

VIDEO PILIHAN