Mohon tunggu...
Dylan Haikal Arigi
Dylan Haikal Arigi Mohon Tunggu... Programmer - Mencintaimu adalah sebuah Kewajiban, Dicintai olehmu adalah sebuah Khayalan.

Seorang anak yang Antusias terhadap Dunia Perteknologian tetapi dia hanya mampu mencintai seorang wanita yang terus menghantui Pikirannya Sejak Desember tahun Lalu.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Pengaruh Globalisasi Terhadap Perubahan Budaya

25 Januari 2022   17:22 Diperbarui: 25 Januari 2022   17:27 1077 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Perubahan Budaya Di Era Globalisasi

Pada era 4.0 ini, sudah tidak bisa dipungkiri bahwa perkembangan Globalisasi yang menyertai kehidupan kita sudah semakin maju. Dengan adanya perubahan signifikan dari Globalisasi tersebut tentu menimbulkan beberapa Dampak diberbagai Aspek Kehidupan kita sekarang, oleh karena itu kita harus bisa menyaring bagaimana perkembangan Globalisasi yang kita lalui selama ini. Arus globalisasi sudah memberikan pengaruh terhadap aspek kehidupan terutama masyarakat pada bidang ekonomi sosial serta budaya, arus globalisasi ini membawa dampak positif begitupun juga terdapat dampak negatifnya terlihat sekali pada sikap masyarakat terutama pada kehidupan didalam budaya. sehingga bisa meleburkan budaya-budaya Negara khususnya Negara Indonesia oleh sebab itu kita secara tidak langsung dihadapi menggunakan dilema yang akbar dan kita harus wajib ikut dan dalam menanggulangi arus globalisasi ini yaitu melalui menjadikan tantangan supaya kita bisa memahami dan menyaring secara selektif dari terjadinya arus globalisasi yang secara logika mampu memperbarui pola kebudayaan Negara Indonesia. Globalisasi harus di tanggani secara serius, supaya budaya pada Indonesia tidak punah serta budaya Indonesia bisa bernilai di seluruh dunia.

Perilaku masyarakat dalam perubahan budaya di Era globalisasi

Proses perkembangan globalisasi diawali dengan kemajuan bidang teknologi informasi serta komunikasi yang semakin maju. Bidang tersebut artinya penegak globalisasi yang efektif serta tidak hanya teknologi informasi dan komunikasi saja yang terkena dampak karena perkembangan Globalisasi yang dahsyat ini, dari kemajuan bidang ini kemudian mempengaruhi bidang-bidang lain pada kehidupan, seperti bidang geografi, antropologi, sosial, budaya serta lain-lain. Contoh nya saja dengan Teknologi Internet yang semakin melebar, dengan menggunakan Smartphone saja kita sudah bisa berkomunikasi ke seluruh daerah yang ada didunia menggunakan internet. Nah, dari hal ini akan terbentuk hubungan sosial antarmasyarakat dunia atau global secara luas mirip aplikasi chating atau komunikasi untuk seluruh dunia jadi semua orang pada seluruh global mampu saling berkomunikasi dengan cepat hanya hitungan detik saja, pada akhirnya mereka akan saling memberikan pengaruh satu sama lain, terutama pada budaya daerah, seperti kebudayaan serta norma istiadat yang ada di Indonesia dan nilai-nilai yang terkandung di dalam kebudayaan tadi contohnya dari cara bergaya, berpakaian, berbicara dan lain-lain.

Yang memiliki pengaruh paling besar pada globalisasi dibidang budaya ini ialah pemuda atau remaja dalam kehidupan sehari-hari, seperti cara mereka berpakaian, gaya rambut dan sebagainya. Jika masyarakat atau bangsa Indonesia tidak siap untuk mengelola budaya-budaya yang akan masuk dari peradaban globalisasi saat ini dan juga tidak dapat mengelola sebagian besar peluang yang ada untuk memperkenalkan semua kelebihan-kelebihan dari bangsa Indonesia itu sendiri, maka bangsa Indonesia akan menjadi korban yang hanyut dalam derasnya arus globalisasi ini.

Berubahnya Budaya di Indonesia

Budaya adalah suatu tatanan yang telah terbentuk untuk menjadi acuan nilai masyarakat supaya negara memiliki karakteristik spesial serta sifat-sifat tertentu. tetapi, perkembangan globalisasi kebudayaan secara intensif terjadi di awal ke-20 dengan berkembangnya teknologi komunikasi, globalisa juga bisa menghilangkan batas budaya setiap bangsa. hubungan melalui media menggantikan hubungan fisik menjadi sarana utama komunikasi antarbangsa. Perubahan tersebut menghasilkan komunikasi yang lebih mudah dan gampang dilakukan, sehingga menimbulkan semakin cepatnya perkembangan globalisasi kebudayaan. Perubahan sosial budaya ialah tanda-tanda berubahnya unsur sosial serta bentuk budaya pada suatu masyarakat. 

Perubahan sosial budaya ialah tanda-tanda umum dampak globalisasi. Banyak sekali faktor-faktor yang menyebabkan perubahan social budaya. di antaranya komunikasi; cara serta pola pikir masyarakat; faktor internal lain seperti perubahan jumlah penduduk, inovasi baru, terjadinya permasalahan atau revolusi; dan faktor eksternal seperti bencana alam serta perubahan iklim, peperangan, serta dampak kebudayaan rakyat lain. ada juga beberapa faktor yang Mengganggu terjadinya perubahan, contohnya kurang intensifnya hubungan komunikasi dengan masyarakat lain; perkembangan IPTEK yang lambat; sifat masyarakat yang sangat tradisional, terdapat kepentingan-kepentingan yang tertanam dengan kuat pada masyarakat, prasangka negatif terhadap hal-hal yang baru; rasa takut Bila terjadi kegoyahan pada rakyat Jika terjadi perubahan, hambatan ideologis, dan dampak norma atau kebiasaan.

Dampak dari era Globalisasi

Pada perkembangan era globalisasi juga berdampak besar bagi seluruh kalangan pada masyarakat Indonesia, dampak dari semua ini membuat masyarakat Indonesia semakin menjadi warga yang modern menggunakan segala kemudahan yang ada serta teknologi yang semakin canggihpun mendukung manusia mendapatkan berita yang cepat sehingga manusia banyak bertambah ilmu pengetahuan yang luas dari seluruh dunia serta manusia dapata menikmati hidup yang lebih baik. sebab globalisasi ini sangat terkenal diseluruh dunia banyak juga masyarakat Indonesia makin berinovasi dalam membentuk hal-hal yang baru supaya Indonesia tidak ketinggalan jaman dan ini pun bisa mengubah pola pikir manusia jaman sekarang agar lebih menyayangi negaranya sendiri atau lebih menghargai bangsanya sendiri. Indonesia pun lebih praktis untuk melakukan impor ekspor kenegara lain. contohnya jika kita ingin membeli barang dari luar negri kita tidak perlu ke luar negri, cukup menggunakan e-commerce yang disediakan oleh beberapa perusahaan. Nah, itu merupakan salah satu dampak positif yang datang dari perkembangan globalisasi saat ini.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan