Mohon tunggu...
Dyandra Nabila R
Dyandra Nabila R Mohon Tunggu... XI IPS 1 - (10)| SMAN 28 JAKARTA

Love Yourself

Selanjutnya

Tutup

Musik Artikel Utama

Industri K-Pop yang Tetap Berkembang di Masa Pandemi

30 Agustus 2020   03:45 Diperbarui: 2 September 2020   18:27 252 23 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Industri K-Pop yang Tetap Berkembang di Masa Pandemi
TWICE, BLACKPINK, dan BTS, tiga di antara sekian banyak grup K-Pop yang tetap produktif saat pandemi (Sumber gambar: kpopthing.com)

Pandemi Covid-19 yang tak kunjung berhenti membuat seluruh aktivitas di dunia terganggu. Salah satunya di bidang industri hiburan dan musik. Para musisi dunia sangat terpengaruh oleh Covid-19 ini.

Berdasarkan survey Nielsen, pada semester pertama tahun 2020 penjualan album di Amerika Serikat mengalami penurunan sebanyak 20% dibandingkan dengan periode di tahun sebelumnya.

Di masa pandemi ini banyak agensi musik dari seluruh dunia yang terpaksa mengundur pengeluaran album serta membatalkan konser mereka. Hal ini tentu berdampak pada kondisi ekonomi mereka di mana pendapatan industri musik banyak didapatkan dari hasil penjualan rekaman, album, dan tiket konser.

Di saat perekonomian dunia banyak yang mengalami penurunan, siapa sangka industri musik Korea Selatan atau yang dikenal K-Pop ternyata tidak banyak terpengaruh oleh kondisi pandemi ini. Hal ini dapat dilihat dari data pertumbuhan laba beberapa agensi musik Korea yang justru mengalami peningkatan di semester pertama tahun ini.

Contohnya yaitu SM Entertainment, JYP Entertainment, dan Big Hit Entertainment yang baru saja mengajukan perusahaanya untuk go public di Bursa Saham Korea Selatan.

Industri K-Pop tidak banyak terpengaruh oleh pandemi Covid-19, disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya yaitu kegigihan para pekerja untuk tetap menghasilkan karya, mengeluarkan ide-ide baru di saat pandemi, serta menjadikan pandemi sebagai tantangan untuk maju. 

Industri K-Pop memang terpaksa menunda konser, comeback, dan pengeluaran album, tetapi mereka tetap giat mengeluarkan album, merchandise, dan lagu-lagu baru di saat pandemi.

Walaupun pandemi membuat segala aktivitas penerbangan dan pengiriman internasional terganggu, para fans K-Pop atau yang sering disebut Kpopers juga tetap antusias membeli serta menunggu hingga sebulan lebih untuk mendapatkan album idola mereka.

Konser virtual berbayar beberapa grup K-Pop yang digelar selama pandemi. (Sumber: Weverse dan VLIVE)
Konser virtual berbayar beberapa grup K-Pop yang digelar selama pandemi. (Sumber: Weverse dan VLIVE)

Selain mengeluarkan album, agensi-agensi dan manajemen industri K-Pop juga mengadakan konser virtual berbayar dengan metode live streaming yang menggantikan kegiatan tur konser mereka.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x