Mohon tunggu...
Dyah KusumastutiUtari
Dyah KusumastutiUtari Mohon Tunggu... Penulis - lifestyle blogger

writer, lifestyle blogger, ghost writer https://www.dyahkusumautari.com/

Selanjutnya

Tutup

Hobby Pilihan

Serunya Ngeblog dan Tantangannya

27 Oktober 2023   11:50 Diperbarui: 27 Oktober 2023   12:47 114
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Awal mengenal blog sebetulnya sudah lama, tetapi belum serius untuk menjalani profesi sebagai bloger profesional. Tulisan di blog hanya sekedar mengerjakan tugas dari komunitas perempuan dan mencatat portfolio anak-anak. Namun, seiring waktu rasa penasaran tentang blog semakin kuat. Saya pun mencoba mengikuti beberapa kelas daring yang mengangkat tema tentang blog. Kelas yang saya ikuti mulai dari mengenal blog, mencari ide menulis, cara membeli domain, dan masih banyak lagi.

Mengapa Memilih Blog

Menulis adalah bekerja untuk keabadian

Sebuah quote dari Pramoedya Ananta Toer ini cukup menohok saya dan membuat saya merenung apa tujuan hidup saya hingga apa yang saya inginkan. Selain itu, saya telah menemukan momen AHA dari menulis. Yup, saya menikmati menulis. Saya dapat menuangkan ide, curhat, berbagi pengalaman atau apapun itu dan yang paling penting menulis adalah salah satu media saya untuk "Me Time" dan menyalurkan jatah 20.000 kata.  

Banyak media untuk menulis, salah satunya adalah blog. Blog bagi saya adalah sebuah diary digital dimana saya bisa menuangkan banyak hal dari isi otak saya yang random. Selain itu, tidak ada batasan kata yang disyaratkan saat kita menulis di blog.

Serunya Ngeblog dan Tantangannya

Ilmu tentang blog itu tidak ada habisnya, terus berkembang. Ibarat sinetron, ilmu blog bisa berlanjut hingga beberapa series. Beberapa ilmu tentang blog yang dapat dipelajari :

-Mengedit blog agar tampilannya menarik

-Mengubah blog gratisan ke blog TLD


-Memasang GA4

-Mengenal teknik SEO

-Meningkatkan traffic

-Story telling

Apakah hanya itu ilmunya? Tentu saja tidak, masih banyak lagi seluk beluk blog yang dipelajari dan perlu diluangkan waktu khusus untuk mengerjakannya. Apakah mudah dipelajari? Tergantung sih. Bagi saya yang awam dengan perkodean, jika harus otak atik blog, pasang ini dan itu yang memerlukan kode, sayamembutuhkan waktu tanpa gangguan dan sedang tenang, karena menurut saya kode itu rumit. Jika saya salah input, fatal akibatnya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun