Mohon tunggu...
dyah larasati
dyah larasati Mohon Tunggu... Guru - guru

kuliner,travelling

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Ayo Bereksperimen Warna Pelangi Menggunakan Permen Chaca

27 November 2022   19:40 Diperbarui: 27 November 2022   19:46 1409
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bereksperimen  adalah salah satu kegiatan yang sangat menyenangkan bagi anak-anak , kali ini kita bisa mengajak anak-anak untuk bereksperimen yaitu kegiatan eksperimen  warna menggunakan permen chaca. Kegiatan eksperimen ini sangat mudah karena bisa dipraktekkan oleh guru dan orang tua dirumah.

Dalam melakukan kegiatan eksperimen ini sangat menarik dan menyenangkan terutama pada anak usia dini karena bisa membantu perkembangan kognitif anak untuk lebih  mengenal warna warni pelangi yaitu merah, jingga, kuning, hijau, biru, nilai, ungu  ( mejikuhibiniu).

Dalam eksperimen ini mungkin hanya beberapa warna pelangi karena permen yang digunakan untuk eksperimen tidak sebanyak warna pelangi.Akan tetapi untuk menambah pengetahuan anak tidak ada salahnya kita gunakan sebagai bahan percobaan untuk mengenal warna.

Adapun cara mempraktikkan eksperimen ini sangat mudah yaitu kita siapkan bahan- bahan dan alat seperti permen coklat chaca warna warni ,piring plastik warna putih dan air. Selanjutnya permen chaca kita tata melingkar di piring dengan warna berselang- seling merah, kuning, hijau, biru dan seterusnya kemudian kita beri air  pada piring tersebut dan kita tunggu beberapa saat dan kita amati bersama-sama hingga warna-warna pada permen meleleh menjadi berwarna warni ditengah-tengah piring.

Demikian kegiatan eksperimen yang dapat saya bagikan,mudah-mudahan bisa bermanfaat digunakan oleh guru pada pembelajaran di sekolah dan  oleh orang tua di rumah.

Penulis


Dyah Larasati,S.Pd

Guru TK 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun