Mohon tunggu...
dyah imani
dyah imani Mohon Tunggu... Guru - guru

seorang guru di SDIT Anak Sholeh Sedayu Bantul. ibu dari 3 orang putra. kesehariannya berada di sekolah membersamai para siswa.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Memaknai Hari Guru dengan Memperkuat Jasmani dan Rohani

25 November 2022   23:14 Diperbarui: 25 November 2022   23:28 45
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Menjadi guru adalah tugas yang sangat mulia. Bagaimana tidak?  guru menjadi pondasi utama kualitas pembelajaran di sekolah. 

Menurut Noor Jamaluddin (1978: 1) Guru adalah pendidik, yaitu orang dewasa yang bertanggung jawab memberi bimbingan atau bantuan kepada anak didik dalam perkembangan jasmani dan rohaninya agar mencapai kedewasaannya, mampu berdiri sendiri dapat melaksanakan tugasnya sebagai makhluk Allah khalifah di muka bumi, sebagai makhluk sosial dan individu yang sanggup berdiri sendiri.

Karena tugas mulianya seorang guru, maka  guru harus senantiasa meningkatkan kapasitasnya dalam berbagai aspek.

Peringatan Hari Guru dan HUT Persatuan Guru Republik Indonesaia (PGRI) pada   tanggal 25 November tiap tahunnya adalah wujud apresiasi atas dedikasi para guru di Indonesia. 

Begitu pula dengan PGRI Cabang Sedayu Kabupaten Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta, memperingati Hari Guru dan HUT PGRI ke-77 yang bertema "Guru Bangkit, Pulihkan Pendidikan : Indonesia Kuat, Indonesia Maju" dengan menyelenggarakan Senam dan Jalan Sehat. Kegiatan ini diselenggarakan  pada hari Jumat 25 November 2022 di Lapangan Parkir Museum Seoharto Argomulyo Sedayu Bantul.

Kegiatan ini diikuti oleh guru-guru dari TK, SD, SMP, SMA/SMK, SLB, dan anggota PGRI se-Sedayu berjumlah sekitar 634 orang. Kegiatan peringatan Hari Guru dan HUT PGRI Cabang Sedayu dibuka pada pukul 07.30 dengan senam bersama. Senam ceria diikuti oleh peserta dengan semangat dan antusias. 

Setelah senam selesai, acara dilanjutkan dengan sambutan PGRI Bantul yang disampaikan oleh Bapak Sarju, S.Pd. Sebelum jalan sehat dimulai, terlebih dahulu peserta disuguhkan penampilan baris berbaris dari siswa SMP 2 Sedayu dan SMA 1 Sedayu. Sorak sorai tepuk tangan peserta mengakhiri penampilan dari para siswa

Dokpri
Dokpri
Tepat pukul 08.30 WIB, jalan sehat dimulai. Peserta jalan sehat dilepas oleh Ibu Cholita Sadmi Suwarsini, S.Pd. (Pengawas SD Kapanewon Sedayu) dengan mengibarkan bendera start. Rute jalan sehat mengelilingi desa di sekitar Museum Soeharto Argomulyo. Terlihat keceriaan dan semangat tergambar di wajah para peserta untuk mencapai garis finish. Setelah  sampai di garis finish, peserta kembali ke tempat acara utama yaitu di lapangan parkir museum.

Setelah jalan sehat, masih ada acara yang juga dinantikan para peserta yaitu pembagian doorprize. Banyak sekali para sponsor yang mendukung acara ini dengan memberikan bingkisan seperti minyak goreng, payung, tikar, minuman, kipas angin, tumbler, dan lainnya. 

Untuk hadiah utama adalah 1 unit mesin cuci. Acara pembagian doorprize diselingi dengan hiburan musik dari grup musik Huda Kian Santang. Satu persatu nomor undian dibacakan pembawa acara. Terlihat raut kegembiraan di wajah para peserta saat nomor undian dibacakan. 

Acara diakhiri dengan penutup oleh pembawa acara pada pukul 10.45 WIB. Acara peringatan Hari Guru dan HUT PGRI ke-77 PGRI Cabang Sedayu berlangsung aman, tertib, dan meriah. Semoga denga adanya acara ini turut memperkuat jasmani dan rohani para guru agar  guru bangkit, pulihkan Pendidikan : Indoesia kuat, Indonesia maju sesuai dengan tema yang diusung.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun