Mohon tunggu...
dyah adityaningrum
dyah adityaningrum Mohon Tunggu... Mahasiswa

-

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

KKN UNS Era Covid-19: KKN Online di Dukuh Kawis RT 18, Sragen

30 Juni 2020   20:38 Diperbarui: 30 Juni 2020   20:34 10 0 0 Mohon Tunggu...

SRAGEN -- 30 Juni 2020. Pandemi virus corona tidak menghalangi bagi kegiatan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di kampus UNS. Bila kegiatan pendidikan dan pengajaran dilakukan secara daring atau virtual, begitu pun dengan kegiatan kuliah kerja nyata. Selama ini kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) mengharuskan mahasiswa berbaur dengan warga, namun di masa pandemi ini diharuskan melaksanakan kegiatan secara online.

Saya Dyah Adityaningrum NIM K7117063 dari Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar mengambil tema supporting pemahaman masyarakat melaksanakan kegiatan KKN tematik dimulai tanggal 1 Mei hingga 19 Juni, KKN saya berlokasi di dukuh Kawis RT18, desa Wonekerso, kecamatan Kedawung, kabupaten Sragen.

Dosen Pembimbing Lapangan Dr. Ir. Yudi Rinanto, M.Pd mengatakan "kegiatan KKN di tengah pandemi sekarang ini dilakukan secara online untuk mencegah atau memutus rantai penularan virus corona."

Melaksanakan kegiatan KKN secara daring, menurut Dyah mengharuskan mahasiswa tidak bisa bertatap muka langsung dengan seluruh warga untuk sosialisasi dan eksekusi program. Hal ini yang menjadikan tantangan bagi mahasiswa yang melaksanakan KKN. "Saya menyiasati dengan tampil di program penyuluhan, pembuatan pamflet, poster, video secara online," katanya.

Program yang dilaksanakan sesuai dengan program yang disusun di proposal kegiatan dari awal, program yang dilaksanakan yaitu pengedukasian tentang pencegahan, penanganan, atau penanggulangan Covid-19 melalui poster yang dibagikan secara online melalui whatsapp grup. 

Pembagian pamflet mengenai pandemi dan penyediaan handsanitizer di titik-titik sering berkumpulnya orang banyak atau dibagikan per rumah. Pembuatan disinfektan untuk rumah warga dan fasilitas di lingkungan dukuh Kawis Rt 18.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x