Mohon tunggu...
dwiyoni hidayati
dwiyoni hidayati Mohon Tunggu... Mahasiswa - Bismillah

Istiqomah

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Pembelajaran Menggunakan Metode Diskusi

13 Juni 2022   16:35 Diperbarui: 13 Juni 2022   16:47 116
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Pembelajaran menggunakan metode diskusi

Metode diskusi ini sering kita temui di sekolahan maupun di masyarakat. Metode ini sering di gunakan untuk siswa kelas 4/5/6 SD SMP/Mts atau pun sma/SMKatau pun bangku perkuliahan Karen metode ini hanya untuk kelas atas yang bisa menggunakan metode diskusi ini.

Menurut pendapat Wina Sanjaya (2009: 154) menjelaskan bahwa metode diskusi bertujuan untuk memecahkan suatu kasus atau masalah, menambah maupun memahami pengetahuan, menjawab suatu pertanyaan, serta bertujuan membuat keputusan.

Penerapan untuk metode diskusi untuk pembelajaran, biasanya guru membentuk kelompok berisi 3/4siswa ,kemudian guru memberikan materi yang akan di bahas bersama bersama untuk penyelesaian kadang guru juga tidak perlu membagi kelompok tetapi melibatkan satu sama yang lain untuk penyampaian materi yang telah di berikan

Kelebihan dari metode diskusi yaitu siswa lebih bisa terangsang berpikir kritis, memunculkan suatu gagasan dan berpikir kreatif sesuai materi yang di berikan oleh guru. dengan metode ini siswa di tuntut untuk berani berpendapat dan menyampaikan ide dan gagasan yang sesuai dengan materi.dengan adaya metode ini siswa dapat bersosialisasi dan percaya diri. dengan mudah kepada siapa pun.

Kelemahan dari metode diskusi ini metode diskusi ini hanyadi peruntukan oleh siswa yang aktif menuntut Siwa lebih aktif dan mampu untuk berbicara di depan banyak orang. Membutuhkan waktu lama karena setiap siswa menyampaikan gagasan atau ide pemikiran yang berkaitan dengan materi. Menimbulkan emosi yang tidak terkontrol karena setiap pemikiran siswa pasti mempunyai pemahaman yang berbeda beda guru adalah penyelesai dari perbedaan pemikiran tersebut dan mengarahkan.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun