Mohon tunggu...
Dwi Vivi Agustin
Dwi Vivi Agustin Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia

KKN Tematik MDBPE_MBKM UPI 2021

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

KKN Tematik UPI 2021: Tips Mendampingi Anak Belajar Online di Masa Pandemi

2 Agustus 2021   01:25 Diperbarui: 2 Agustus 2021   01:32 89 1 0 Mohon Tunggu...

Sejak awal Maret 2020 hingga saat ini, Indonesia mengalami pandemi Covid-19. Jumlah kasus positif yang terjadi di Indonesia mulai melandai pada akhir tahun 2020, namun terus bertambah pada awal tahun 2021. Hal ini terjadi seiring dengan banyaknya varian Covid dari seluruh negara yang masuk ke indonesia. Dengan begitu pemerintah mengupayakan berbagai cara agar pandemi ini segera selesai. Mulai dari PSBB, PPKM, Vaksinasi, Pemberian Bantuan sosial, dan berbagai cara lainnya.

Covid-19 menyebabkan banyak sekali dampak pada sektor kehidupan manusia. Salah satu sektor yang terdampak adalah Pendidikan. Banyak sekali perubaahan yang terjadi, mulai dari perubahan cara belajar, perubahan jam belajar, perubahan cara mengajar, perubahan kebiasaan, dan masih banyak perubahan lain yang dirasakan pada sektor pendidikan akibat Pandemi. Pembelajaran yang biasanya dilakukan secara luring atau tatap muka harus dilakukan secara daring atau online.  Hal ini harus didukung oleh kerjasama yang baik antara pihak sekolah atau guru, siswa, dan orangtua siswa.

Belajar secara daring sudah pasti memiliki kelebihan dan kekurangan. Ada banyak sekali kendala yang akan dialami oleh siswa ketika pembelajaran dilakukan secara daring. Tidak hanya bagi siswa, kendala ketika pembelajaran daring juga dirasakan oleh guru dan orangtua siswa.

Untuk mengatasi kendala tersebut, ada beberapa tips bagi orangtua siswa untuk mendampingi anak belajar online di masa pandemi covid-19.

1.  Siapkan fasilitas yang memadai

Fasilitas yang memadai akan mempermudah anak untuk belajar dan akan membuat anak semangat untuk belajar.

2. Buat ruang belajar senyaman mungkin

Bagi anak-anak, belajar merupakan suatu hal yang membosankan namun jika ruang belajar sudah dibuat senyaman mungkin, maka anak akan senang dan tidak merasa bosan ketika belajar.

3. Buat jadwal belajar harian

Jadwal belajar harian akan membantu anak agar kegiatan yang dilakukan menjadi lebih terencana sehingga proses belajar menjadi lebih efektif.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x