Mohon tunggu...
Dedi Dwitagama
Dedi Dwitagama Mohon Tunggu... Guru - Pendidik

Pendidik yang bermimpi makin banyak anak negeri yang percaya diri dan berani berkompetisi. Mengajar Matematika di SMKN 50 Jakarta - Blogger sejak 2005: http://dedidwitagama.wordpress.com, http://fotodedi.wordpress.com dan http://trainerkita.wordpress.com

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Mau Berbahagia di Sekolah? Silahkan Lakukan Ini

22 November 2023   11:00 Diperbarui: 22 November 2023   14:48 1058
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Foto: instagram.com/dearlykia_

Melihat pelajar-pelajar bersemangat mengerjakan tugas-tugas yang diberikan oleh bapak-ibu guru sangat menyenangkan, ada pelajar yang sibuk dengan kertas berwarna, cutter, gunting dan lem di lantai, ada yang menggaris sesuatu di meja, ada yang mewarnai di meja lain, ada yang sibuk dengan gadgetnya, terlihat sekali pelajar seisi kelas sibuk dengan pekerjaannya masing-masing, good job guys.

Rupanya pelajat SMKN 50 Jakarta sedang sibuk berkegiatan P5 bertema suara demokrasi, mereka sibuk mempersiapkan poster untuk kampanye, kotak suara dan berbagai hal lainnya.

Apakah semua dari mereka merasa bahagia di sekolah, agar bahagia di sekolah, berikut beberapa tipsnya:
 
1. Tetap terorganisir: Pantau tugas-tugas dari guru, tenggat waktu, dan informasi penting yang bermanfaat buat kamu. Gunakan agenda atau alat digital seperti hand phone atau laptop untuk tetap teratur dan menghindari stres atau kebingungan di saat-saat terakhir. Manfaatkan grup whatsapp kelas atau kontak sahabat dekat kamu di kelas untuk memantau tugas.


2. Berpartisipasi dalam kegiatan: Terlibatlah dalam kegiatan ekstrakurikuler, klub, atau olahraga yang kamu minati. Ini akan membantu kamu bertemu orang baru, mengeksplorasi minat kamu, dan bersenang-senang di luar rutinitas akademis biasa. Bergabung dengan kelompok atau komunitas ekstra kurikuler di sekolah bisa jadi penambah semangat dan bahagia dirimu.


3. Bangun hubungan positif: Kelilingi diri kamu dengan teman-teman yang suportif dan positif. Habiskan waktu bersama orang-orang yang membuat kamu merasa nyaman dan diterima. Memiliki jaringan sosial yang kuat dapat membuat pengalaman sekolah kamu lebih menyenangkan. Bersahabatlah dengan satu dua orang atau beberapa orang yang mepunyai hobi dan keseukaan yang sama.


4. Temukan kekuatan dan minat kamu: Temukan dan kembangkan bakat dan minat kamu. Kejar subjek atau aktivitas yang benar-benar menarik perhatian kamu. Jika kamu menikmati apa yang kamu pelajari, kamu akan lebih mudah merasa bahagia dan termotivasi di sekolah.


5. Cari bantuan saat dibutuhkan: Jangan ragu untuk meminta bantuan jika kamu kesulitan dengan suatu mata pelajaran atau tugas. Hubungi guru, teman sekelas, atau sumber daya sekolah kamu untuk mendapatkan bantuan. Mendapatkan dukungan yang kamu butuhkan dapat mengurangi stres dan meningkatkan kebahagiaan kamu secara keseluruhan. Di sekolahmu pasti ada beberapa guru yang bersikap terbuka dan mau mendengar kamu, datang aja kepadanya dan bicarakan apa yang ingin kamu bicarakan, happy deh.


6. Jaga diri: Prioritaskan perawatan diri dengan tidur yang cukup, makan makanan sehat, dan rutin berolahraga. Menjaga kesehatan fisik dan mental kamu akan berkontribusi pada kebahagiaan dan kemampuan kamu untuk fokus di kelas. Kerjakan tugas-tugas segera, jangan begadang apalgi lupa makan.


7. Rayakan pencapaian kamu: Akui dan rayakan pencapaian kamu, besar atau kecil. Baik itu menyelesaikan ujian, menyelesaikan proyek yang menantang, atau meningkatkan suatu mata pelajaran, hargai diri kamu sendiri atas kerja keras dan kemajuan kamu. Merayakan pencapaian tidak selalu mahal, misalnya cukup dengan segelas teh manis, atau semangkok bakso atau apa saja disesuaikan dengan kemampuan kamu.

Lakukan hal-hal lain yang membuat kamu bahagia di sekolah, tetapi ingatlah bahwa yang kamu lakukan tak merusak diri kamu, tak berbahaya buat kesehatan dan tetap bisa membuat kamu sehat terus untuk menyelesaikan sekolahmu.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun