Mohon tunggu...
Dwi Sefianti
Dwi Sefianti Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa

hai aku dwi sefianti

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Kesulitan Belajar pada Saat Pendidikan di Bangku Sekolah Menengah Pertama

30 November 2022   21:45 Diperbarui: 30 November 2022   22:02 86
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

kesulitan belajar adalah sekumpulan gangguan yang membuat seseorang, terutama anak-anak, mengalami kesulitan untuk membaca, berhitung, fokus pada pelajaran, ataupun mengoordinasikan gerak anggota tubuh. 

Slow learning merupakan kondisi dimana anak mengalami keterlambatan  belajar, lamban terampil, dan lamban mamahami suatu informasi yang diperoleh atau ditangkapnya. Terkadang, anak yang mengalami slow learner juga mengalami kekurangan dalam hal fisik, sosial, dan emosional.

Dari penjelasan tentang kesulitan belajar atau yang di sebut (slow learning). saya mengingat waktu saya pertama masuk smp, saya melihat ada seorang siswa yang mengalami kesulitan dalam belajar yaitu sulit menangkap apa yang di jelaskan guru dan akibat keterlambatan dalam beradaptasi  dengan guru dan teman  sebayanya, oleh karena itu, sebut saja Fulanah. 

SiFulanah ini sering di bully oleh   temannya karena akan keterlambatnya daya respon apa yang temannya bicarakan. Fulanah pu mulai minder akan bullyian teman-temannya. 

Tugas guru terhadap siswa adalah membimbing dan mengarahkan siswa supaya tetap pada jalur yang benar, terutama pada proses belajar mengajar. Siswa yang mengalami kebingungan atau kesulitan dalam proses belajar mengajar harus dibimbing dan dibantu mencari solusi

Oleh karena itu , seorang gurupun memberikan bimbingan atau motivasi pada fulanah agar dia selalu rajin belajar dan buktikan kepada teman-temanmu bahwa dia itu bisa seperti mereka, seketika semangat fulanahpu kembali karna mendengar perkataan gurunya. 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun