Mohon tunggu...
DWI SANDRAMAGDALENA
DWI SANDRAMAGDALENA Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Menulis

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

DUKUNG KEMAJUAN UMKM. TIM KKN BULAK UM SURABAYA 2022 BANTU UMKM KELURAHAN BULAK UNTUK MEMBUAT NOMOR INDUK BERUSAHA (NIB)

11 Agustus 2022   09:18 Diperbarui: 11 Agustus 2022   10:16 124 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Kamis, 21 Juli 2022 09.00WIB

Rad: Dwi Sandra M.

SURABAYA-- KKN tahun ini berbeda dengan tahun lalu yang dilakukan secara online dan berbasis domisili, kali ini KKN 2022 Universitas Muhammadiyah Surabaya sudah dilaksanakan 100% Offline. Tema KKN tahun ini adalah bangkit dan berdaya menuju masyarakat berdaya.

Dari tema diatas Tim KKN Bulak Surabaya 2022 yang beranggotakan 19 mahasiswa/ mahasiswi yang terdiri dari berbagai macam Fakultas diantaranya Fakultas Ekonomi Bisnis (FEB), Fakultas Teknik (FT), Fakultas Agama Islam (FAI) dan Fakultas Ilmu Kesehatan (FIK) berhasil mensukseskan 100% UMKM yang terdaftar di Kelurahan Bulak memiliki Nomor Induk Berusaha (NIB).
"Nomor Induk Berusaha ini sebagai pintu gerbang utama untuk pengurusan berkas jadi sebelum mengurus hal-hal lain, pelaku UMKM terlebih dahulu wajib mempunyai Nomor Induk Berusaha" Ujar Dian Pemilik UMKM Orlando Pizza

Dok. pribadi
Dok. pribadi
"Tujuan Saya dan tim KKN bulak UM Surabaya 2022 membantu semua para UMKM bulak yang terdata di kelurahan untuk mengurus Nomor Induk Berusaha (NIB) karena NIB ini sangat penting bagi UMKM dan banyak keuntungan yang didapat diantaranya seperti mempermudah pengajuan bantuan Kredit Usaha Rakyat (KUR) sebagai modal para UMKM, mendapatkan kepastian dan perlindungan dalam berusaha di lokasi yang telah ditetapkan dan mendapatkan pendampingan untuk pengembangan usaha. Kami tim KKN Bulak melaksanakan sosialisi tentang NIB kepada UMKM Bulak, mendampingi dalam proses pembuatan hingga membantu menerbitkan sertifikat NIB untuk para pelaku UMKM Bulak berdasarkan data dari kelurahan Bulak" ujar Galih Utama Iswandi Ketua tim KKN bulak UM Surabaya 2022


Kegiatan ini berlangsung sekitar 2 minggu sejak awal pembukaan acara KKN di Kelurahan Bulak tanggal 22 Juli 2022, selama kegiatan berlangsung tidak didapatkan kendala yang berarti justru para pelaku UMKM sangat terbuka menerima kedatangan para mahasiswa dan mahasiswi UM Surabaya.

"Pendampingan pembuatan NIB dilakukan dengan sistem door to door yaitu dari rumah kerumah para pelaku UMKM yang tentunya dari awal kita sudah meminta izin terlebih dahulu, melakukan kontrak waktu untuk bertemu dan lain sebagainya, ternyata para pelaku UMKM menyambut dengan baik kedatangan tim kami, para pelaku UMKM sangat antusias ketika mereka tahu bahwa program kerja kami salah satunya adalah membantu melakukan pendampingan sampai terbit sertifikat NIB" ujar roro anggota tim KKN Bulak UM Surabaya 2022.

Dok. pribadi
Dok. pribadi

Dok. pribadi
Dok. pribadi

Dok. pribadi
Dok. pribadi

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan