Mohon tunggu...
Dwi Nurhayati
Dwi Nurhayati Mohon Tunggu... Guru - guru

masak

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Pembelajaran Berbasis Google Classrom

31 Mei 2023   09:40 Diperbarui: 31 Mei 2023   10:03 141
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

BAB I PENDAHULUAN

A.Deskripsi Kondisi Awal
SMK NEGERI 1 SELO Boyolali, adalah Sekolah Menengah Kejuruan yang memilki tiga Kompetensi Keahlian yaitu Perhotelan, Usaha Perjalanan Wisata dan Teknik dan Bisnis Sepeda Motor dengan berbagai karakteristik siswanya, Siswa SMK Negeri 1 SELO Boyolali berasal dari berbagai kecamatan diantaranya Selo, Cepogo dan Gladagsari yang sebagian besar adalah daerah lereng gunung merbabu dan merapi, Pada awal diterapkannya Pembelajaran Jarak Jauh, menjadikan keterkejutan situasi belajar karena keterbiasaan belajar dengan Tatap Muka menjadi Pembelajaran Daring Maupun Luring, 

Setiap guru tentunya harus berpikir bagaimana solusi yang terbaik agar pembelajaran tetap bisa dilaksanakan walau penuh dengan keterbatasan. Dalam pengamatan saya, telah banyak guru yang telah melakukannya.

Kebijakan pembelajaran daring ini merekomendasikan para guru untuk melaksanakan pembelalajaran secara online atau pembelajaran jarak jauh dalam rangka memenuhi target kompetensi siswa bagi siswa yang tidak dapat datang ke sekolah dikarenakan jarak rumah yang jauh. Kemendikbud mendorong guru untuk tidak fokus mengejar target kurikulum dalam kondisi bagaimanapun, dengan materi pembelajaran untuk membekali siswa supaya disampiang memperdalam skill sesuai kompetensi peserta didik juga tetap melaksanakan pembelajaran materi umum dengan baik. Dengan kondisi demikian diperlukan penguatan pembelajaran untuk
 

materi umum seperti pelajaran Bahasa Indonesia untuk memenuhi target pembelajaran dan assesmen.

Pembelajaran daring di SMK Negeri 1 SELO pada mulanya didominasi penggunaan Whattsapp sebagai komunitas media belajar, dikombinasi aplikasi milik sekolah dalam pelaksanaan asessmentnya baik ulangan harian maupun ulangan tengah semester dan akhir semester, dan mulai dikenalkannya aplikasi google classroom meskipun sangat terbatas penggunaannya karena keawaman Guru dan siswa terhadap aplikasi tersebut. 

Walaupun mayoritas guru masih menggunakan whatsapp untuk sarana komunikasi pembelajaran, selain pembelajaran Jarak Jauh dengan model Daring SMK NEGERI 1 SELO Boyolali juga menggunakan model Luring yaitu pengugasan berbasis Paper yaitu Tugas yang diperkirakan 12 Minggu pembelajaran.

B.Tantangan Pembelajaran Jarak Jauh di SMK NEGERI 1 SELO

1.Tantangan yang dihadapi oleh guru dalam melaksanakan PJJ secara umum berkaitan apa model, strategi, atau metode terbaik dalam melaksanakan PJJ ditengah keterbatasan sarana prasarana (smartphone/laptop), sinyal internet yang kurang stabil, akses internet yang terbatas, bahkan tidak ada.

2.Setiap guru tentunya harus berpikir bagaimana solusi yang terbaik agar pembelajaran tetap bisa dilaksanakan walau penuh dengan keterbatasan. Dalam pengamatan saya, telah banyak guru yang telah melakukannya.

3.Tantangan bagi Siswa ditengah keterbatasan sarana prasarana (smartphone/laptop), sinyal internet yang kurang stabil, akses internet yang terbatas.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun