Mohon tunggu...
Dwinda Nur Baety
Dwinda Nur Baety Mohon Tunggu... Penuntut Ilmu

I believe that formal education will make my living but self education will make own fortune

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Melatih Kemampuan Anak Mengoperasikan Perkalian Melalui Website Game Edukasi

15 Mei 2020   02:59 Diperbarui: 15 Mei 2020   03:16 50 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Melatih Kemampuan Anak Mengoperasikan Perkalian Melalui Website Game Edukasi
Screenshot Gameku (Sumber Gambar: Dwinda)

Sekarang ini kemajuan teknologi terus berkembang pesat hampir disegala aspek kehidupan manusia. Adanya kemajuan teknologi tentunya membawa banyak perubahan dalam kehidupan. Contohnya adalah saat ini akses penggunaan teknologi internet yang tidak hanya dari kalangan orang dewasa saja namun juga anak usia SD bahkan balita sekalipun.

Teknologi internet menawarkan kita kemudahan untuk mendapatkan berbagai hal tanpa harus beranjak dari depan layar, salah satunya adalah kemudahan belajar mandiri untuk meningkatkan pengetahuan dan mengembangkan kemampuan asal ada kemauan yang kuat untuk belajar dan terus mencoba.

Berdasarkan hasil wawancara langsung dengan beberapa guru matematika Sekolah Dasar kelas 5 dan 6  di Bekasi. Para guru mengakui bahwa mereka merasa kesulitan saat mengajarkan materi perkalian kepada siswa dikarenakan kurangnya motivasi untuk menghafal dan berlatih kembali secara individu di rumah. 

Ditambah tidak semua siswa bisa fokus selama pembelajaran dikelas dan mudah bosan jika harus menghafal angka-angka. Padahal perkalian merupakan operasi dasar matematika yang sangat penting dan akan berhubungan dengan berbagai cabang ilmu eksak.

Persepsi bahwa matematika adalah pelajaran yang sulit, abstrak dan menakutkan sering ada pada anak. Hal ini terkadang muncul dikarenakan kelemahan dari pengajaran dan pengemasan materi itu sendiri sehingga menimbulkan persepsi negative. 

Oleh karena itu, pembelajaran matematika seharusnya dapat diarahkan ke suasana yang lebih menyenangkan bagi anak, misalnya melalui permainan. 

Penulis menyadari bahwa internet saat ini memiliki potensi yang sangat besar dalam membantu siswa belajar dengan cara lebih menyenangkan sehingga penulis membuat inovasi pembelajaran matematika berupa website edukasi game.

Menurut Nikensasi, Kuswardayan dan Sunaryono (2012) game edukasi merupakan salah satu tema permainan yang berusaha memberikan nilai edukasi dalam sebuah permainan sehingga permainan yang awalnya hanya berfungsi sebagai media penghibur, akhirnya juga dapat digunakan sebagai media pembelajaran atau pelatihan.

Website edukasi game matematika dengan domain localhost/gameku/game ini secara umum dibuat oleh penulis sebagai media anak untuk melatih kemampuan pengoperasian perkalian dalam matematika namun dikemas dalam bentuk yang tidak membosankan sehingga menarik perhatian anak untuk terus mencoba sehingga kemampuan menghitungnya akan meningkat seiring berjalannya waktu tanpa adanya paksaan untuk menghafal.

Screenshot Gameku (Sumber Gambar: Dwinda)
Screenshot Gameku (Sumber Gambar: Dwinda)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN