Semarang, Jawa Tengah -Â Guna meningkatkan kemampuan literasi digital para pendidik, Dwina Widyaning Lestari, seorang mahasiswa dari Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Universitas Negeri Semarang (UNNES), melaksanakan kegiatan Bhakti Akademisi yang berjudul "Pemanfaatan Flippity Sebagai Assesment Formatif Untuk Meningkatkan Literasi Digital Guru Kelas 4 SD Negeri 3 Ngabean Pada Pembelajaran IPAS" Kegiatan ini dilakukan di SD Negeri 3 Ngabean, Kecamatan Boja, Kabupaten Kendal.
Kegiatan  ini bertujuan untuk membekali para guru, khususnya guru kelas IV dengan keterampilan memanfaatkan platform Flippity sebagai alat asesmen formatif yang inovatif dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS). Dwina Widyaning Lestari menyampaikan bahwa Flippity menawarkan berbagai fitur interaktif yang menarik dan mudah digunakan, sehingga dapat membuat proses asesmen menjadi lebih menyenangkan dan efektif bagi siswa.Kegiatan ini mendapatkan bimbingan langsung dari dua dosen pengampu yaitu Bapak Drs. Isa Ansori, M.Pd. dan Ibu Aldina Eka Andriani, S.Pd., M.Pd.
Ibu Mujiyah, S.Pd.SD. selaku guru kelas IV SD Negeri 3 Ngabean yang menjadi peserta pelatihan, mengungkapkan antusiasmenya terhadap materi yang disampaikan. Menurutnya, Flippity memberikan alternatif asesmen yang lebih kreatif dan interaktif dibandingkan metode konvensional. Kepala Sekolah SD Negeri 3 Ngabean, Bapak Suroso, S.Pd. juga menyambut baik kegiatan ini. Beliau berharap, dengan meningkatnya kemampuan literasi digital para guru, kualitas pembelajaran di sekolahnya akan semakin meningkat dan mampu menghasilkan lulusan yang lebih kompeten di era digital ini.
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana. Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI