Mohon tunggu...
Dwi Lindah Permatasari
Dwi Lindah Permatasari Mohon Tunggu... Freelancer - Freelancer

Writing enthusiast

Selanjutnya

Tutup

Indonesia Lestari Pilihan

Presidensi G20 Indonesia: Investasi Hijau untuk Masa Depan Berkelanjutan

22 Juli 2022   21:29 Diperbarui: 22 Juli 2022   21:43 159 4 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Sumber: freepik/master1305

Apa itu Presidensi G20?

G20 merupakan forum kerja multilateral yang berfokus kepada koordinasi kebijakan dalam bidang ekonomi pembangunan. G20 merepresentasikan kekuatan ekonomi dunia lebih dari 60% populasi global, 75% perdagangan/ekspor global, dan 80% PBD dunia. 

Sedangkan Presidensi G20 adalah kondisi dimana suatu negara berperan sebagai tuan rumah dalam pertemuan G20. 

Forum kerja ini melibatkan 19 negara utama dan 1 kawasan. 19 negara utama yang terlibat diantaranya adalah Afrika Selatan, Amerika Serikat, Arab Saudi, Argentina, Australia, Brasil, India, Indonesia, Inggris, Italia, Jepang, Jerman, Kanada, Meksiko, Republik Korea, Rusia, Perancis, Tiongkok, Turki, dan 1 kawasan yang dimaksud adalah Uni Eropa.

Tujuan awal dari G20 adalah untuk mewujudkan pertumbuhan global yang kuat, berkelanjutan, seimbang, dan inklusif. G20 juga terdiri atas beberapa jenis pertemuan, yaitu konferensi itngkat tinggi (KTT), Pertemuan tingkat Menteri dan deputi, dan Working Group/kelompok kerja. 

Masing-masing memiliki area fokus dan melibatkan tokoh yang berbeda namun tetap berfokus pada tujuan utama G20.

Indonesia mengukir sejarah baru sebagai pemegang Presidensi G20 tahun 2022. Forum internasional ini mengusung tema “Recover Together, Recover Stronger” yang merpresentasikan bahwa Indonesia mengajak seluruh masyarakat dunia untuk saling mendukung, memulihkan, dan tumbuh bersama lebih kuat dan berkelanjutan. 

Presidensi G20 Indonesia terdiri dari berbagai rangkaian kegiatan utama di beberapa kota di Indonesia. Pertemuan perdana dilaksanakan di Jakarta pada Desember 2021 dan puncak acara Presidensi G20 Indonesia 2022 akan dilaksanakan pada November 2022 mendatang.

Momentum Presidensi yang terjadi hanya satu kali setiap generasi seharusnya mampu memberikan nilai tambah bagi pemulihan Indonesia di tengah pandemi. Indonesia dapat membuktikan kepada masyarakat domestik hingga internasional bahwa Indonesia mampu bertahan terhadap krisis ekonomi selama pandemi. 

Adanya forum G20 di Indonesia juga perlu dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk memperkenalkan potensi Indonesia mulai dari sector pertanian hingga pariwisata kepada dunia internasional dengan harapan dapat membantu menggerakan perekonomian Indonesia. Pada Presidensi G20 ini, Indonesia diwalikili oleh Presiden Joko Widodo, Menteri Keuangan Sri Mulyani, dan Gubernur Bank Indonesia.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Indonesia Lestari Selengkapnya
Lihat Indonesia Lestari Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan